Bus Pariwisata Masuk Jurang di Tawangmangu, 7 Penumpang Tewas

bus solaris asal sidoarjo masuk jurang sedalam 30 meter di tawangmangu

KANALINDONESIA.COM, KARANGANYAR : Lakalantas tunggal melibatkan bus pariwisata Solaris Jaya nopol K 1677 ED terjebur jurang sedalam 30 meter di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, yang mengakibatkan dua penumpang dinyatakan tewas dilokasi kejadian dan lima penumpang lainya tewas dalam perjalanan ke rumah sakit, Minggu(26/02/2017).

Dari beberapa saksi mata mengatakan kejadian bermula bus yang membawa rombongan anak SDN Sukodono 2, Kecamatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur, yang dikemudikan Suyitno melintas di Jalur Solo-Tawangmangu. Diduga sopir bus belum mengetahui jalur tembus.menuju Tawangmangu terpaksa melintasi jalur yang salah dengan kondisi jalan yang terjal dan curam.

“Bus itu dari arah Cemorokandang saat memasuki Gondosuli, bus tidak belok ke kiri melainkan lurus dan melewati jalur lama arah ke Blumbang. Mungkin kurang mengetahui medan jalan berakibat kecelakaan masuk jurang seperti itu,” terang Agus warga setempat, Minggu (26/02/2017).

Terpisah, AKP Ahdi Rizaliyansyah Kasatlantas Polres Karanganyar mengatakan, bus pariwisata PO Solaris Jaya memang mengangkut rombongan asal Sidoarjo, Jawa Timur, sebanyak 29 orang penumpang plus pengemudinya. Namun secara pasti penyebab kecelakaan itu sendiri pihaknya belum berani menyimpulkan dengan alasan masih melakukan olah TKP.

Kemudian tujuh penumpang yang tewas antara lain, Suwandi, warga Wonokasian, Wonoayu, Sidoarjo, Ica Susilowati anak dari Suwandi;  Ria Resbara, Zuhro (kepala sekolah), Puji Haryanto warga Padangan, Tulangan,  Sidoarjo, dan Ega (Siswa SD 2 Jimbaran). Sedangkan satunya lagi yang tewas hingga kini belum teridentifikasi. (dik)