Dukung Ketahanan Pangan Nasional Polresta Cirebon Tanam Padi dan Budidaya Ikan Lele dengan Konsep Aquaponik

CIREBON, KANALINDONESIA.COM: Sebagai upaya mendukung program ketahana pangan nasional yang digagas pemerintah pusat, Polresta Cirebon menerapkan sistem tanam padi dan sayur mayur serta budidaya ikan lele dengan motede aquaponik.

Motede ini sedang diuji coba di halaman Mapolresta Cirebon, Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

Adapun konsep aquaponik ini yakni di bagian atas ditanami padi dan sayur-sayuran dan di bawah tanaman tersebut dibuar kolam ikan lele.

Menurut Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi, kotoran ikan lele akan menghasilkan pupuk bagi tanaman padi dan sayur-sayuran yang disalurkan menggunakan mesin hidroponik sehingga tanaman pun bisa subur tanpa harus dilakukan perawatan secara khusus.

“Alhamdulillah, tanaman padi dan sayur-sayuran dapat tumbuh dengan subur. Rencananya konsep ini akan diterapkan di semua polsek jajaran di wilayah hukum Polresta Cirebon,” kata Kombes Pol M Syahduddi, Kamis (23/7).

Baca:  Presiden Akan Resmikan Pabrik Petrokimia dan Jalan Tol di Banten

Dengan konsep aquaponik ini yang tidak membutuhkan lahan yang besar serta masa tanam yang bisa ditentukan, ia yakin bisa diterapkan di tiap- tiap polsek. Dan hasilnya nanti akan didistribusikan kepada warga terdampak Covid-19.

“Sehingga kita bisa menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras kemudian sayur-mayur dan juga ikan untuk masyarakat,” kata Kombes Syahduddi. (Yohanes)