Banyak Jalan Rusak dan Berdebu, Gresik Dijuluki Kota Bertayamum

KANALINDONESIA.COM, GRESIK : Kabupaten Gresik saat ini memilik julukan kota Gresik bertayamum, hal itu dikarenakan dengan adanya jalan nasional rusak yang berdebu dan yang tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah.

Kondisi tersebut menggugah puluhan pemuda dari Komunitas Pendaki Indonesia Wilayah Gresik melakukan aksi pembagian masker bagi pengguna jalan di sekitar jalan pantura Manyar Gresik. Selasa (28/2/2017).

Komunitas yang hobby dalam pendakian gunung itu membagikan seribu masker untuk pengguna jalan kendaraan roda dua maupun empat.

“Kami peduli terhadap kesehatan pengguna jalan, kondisi jalan berdebu jika tidak memakai masker bisa jadi terkena penyakit ISPA” tutur Saiful Arif (28), Anggota Senior komunitas Pendaki Indonesia Gresik.

Terdapat dua titik di kawasan jalan Pantura Manyar Gresik yang menjadi titik pembagian masker yakni berada di desa Betoyo dan desa Banyuwangi kecamatan Manyar.

Saiful menambahkan agar pihak pemerintah segera menyelesaikan pembangunan jalan tersebut sehingga layak di pakai pengguna jalan. “Jalan berdebu ketika cuaca panas, semoga dalam aksi pembagian masker ini pemerintah peka” kata pria asal Duduk Sampeyan, Gresik itu.

Jalan pantura yang berada di kecamatan Manyar kini sedang dalam proses perbaikan dengan pengurukan batu kapur (pedel), alhasil sisa pengurukan tersebut menimbulkan debu bertaburan sehingga terkena pengguna jalan.

Sarjan, Pengguna jalan yang sering melewati jalan pantura Manyar menyambut baik aksi tersebut. “Aksi ini sangat bagus, membantu pengguna jalan yang kebetulan tidak sempat membeli masker” katanya sembari memakai masker. (lan)