Masjid Baiturrahman Terapkan Protokol Kesehatan Saat Penyembelihan Hewan Qurban

Panitia Qurban saat mencincang daging qurban
Panitia Qurban saat mencincang daging qurban

CILEUNGSI, KANALINDONESIA.COM : Sebanyak 8 hewan Qurban yang terdiri dari 6 ekor sapi dan 2 ekor kambing berhasil dikumpulkan DKM Masjid Baiturrahman  untuk disembelih pada hari ini, Sabtu (1/8/20).

Penyembelihan hewan kurban yang disaksikan langsung oleh Ketua Yayasan Masjid Baiturrahman Rujito Purnomo dan Ketua DKM Masjid Baiturrahman Lafanda Ibnu Syam dilaksanakan di tempat pemotongan Hewan, Cileungsi.

Disela kegiatan, Ketua DKM Masjid Baiturrahman Lafanda menuturkan, bahwa pelaksanaan penyembelihan dan pembagian daging qurban ini tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai dari Pemerintah.

“Seluruh panitia qurban, diwajibkan memakai masker dan seluruh daging kurban yang akan kita dibagikan juga dikemas dengan bersih dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Sebanyak 712  bungkus daging kurban dibagikan kepada warga sekitar RT 1 hingga RT 5, para Ustadz, Ustadzah, Pesantren dan warga sekitar Limus Pratama Regency, “kata Lafanda saat di temui di lokasi pemotongan hewan kurban.

Baca:  Kodim 0723/Klaten dan Polres Klaten Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan Massal di Jalan Protokol

Ia menambahkan, DKM Masjid Baiturrahman melakukan proses pemotongan dan penyaluran daging qurban dengan protokol kesehatan, di mana petugas dan panitia hanya berjumlah 24 orang, berkurang dari tahun tahun sebelumnya mencapai 75 orang belum termasuk jamaah dan warga yang menyaksikan.

“Hal ini dilakukan dengan melakukan pemotongan bukan di area masjid, tetapi di tempat peternakan di kampung Cileungsi Kidul, kecamatan Cileungsi. Seluruh petugas dan panitia tetap mengindahkan aturan bermasker dan jaga jarak. Pemotongan, pengepakan dan pembagian qurban berlangsung lebih cepat, ba’da Dzuhur sudah selesai. Jamaah pemberi qurban tetap bisa menyaksikan penyembelihan,”pungkasnya@Wn