Bupati Trenggalek Salat Idul Adha dan Serahkan Sapi Kurban di Masjid Agung Baiturrahman

Bupati Trenggalek H Moch Nur Arifin 

TRENGGALEK, KANALINDONESIA.COM: Di pelaksanaan salat Idul Adha 1441 Hijriyah tahun 2020 kali ini, Bupati Trenggalek H Moch Nur Arifin telah memerintahkan warganya untuk menggelar di musala dan mesjid terdekat di seluruh wilayah kabupaten penghasil tempe ‘kripik’ini.

Sedangkan pemimpin muda ini melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Agung Baiturrahman depan Alon-alon Trenggalek yang pada pelaksanaan salat Idul Fitri sebelumnya melaksanakan di Pendopo Manggala Praja.

Bupati H MochNur Arifin menjelaskan, pelaksanaan salat Idul Adha harus mempertimbangkan keselamatan warganya dari penyebaran covid-19.

“Pertama harus menghindari kerumunan banyak orang,”ucapnya, Jumat.

Maka, hal ini diharapkan agar jamaah tidak menumpuk di satu tempat peribadatan saja. Dengan begitu panitia bisa melokalisir dan menerapkan protokol kesehatan.

Baca:  Polres Pacitan, TNI, Satpol PP dan Linmas Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

“Saya senang bisa mengikuti salat Id secara berjamaah di era tatanan baru ini,”ungkap pria yang akrab disapa Gus Ipin tersebut dalam sambutannya.

Meskipun boleh menggelar kegiatan ibadah ini, pemimpin muda ini tetap mengingatkan warganya untuk mematuhi protokol kesehatan, pasalnya kasus Covid terus bertambah di Trenggalek.

Update sampai dengan 31 Juli terdapat 90 kasus positif.

“Mari berdisiplin memakai masker, jaga jarak dan lakukan pola hidup bersih dan sehat, karena menurutnya ada istilah ‘maskermu menjagaku dan maskerku menjagamu’,”pesan suami Novita Hardini.

Pelaksanaan salat Idul Adha di Masjid  Agung Baiturrahman sendiri berjalan cukup khidmat. Protokol kesehatan juga diterapkan, jarak antar jamaah diatur sedemikian rupa sehingga tidak berdekatan.

Baca:  Mengaku Polisi, Aniaya Warga Trenggalek

Sedangkan untuk jamaah putri ditempatkan di Alon-alon, sehingga paksanaan salat semakin longgar. Petugas pengukur suhu tubuh juga disiagakan di setiap pintu masuk menuju tempat ini, begitu juga dengan sarana cuci tangannya.

Pasca Salat Id, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin berbagi keberkahan dengan  menyumbangkan hewan kurban jenis Sapi berukuran berat mencapai 875 kg.

Sapi Simental yang terlihat cukup sehat dan gemuk ini rencananya akan diserahkan penyembelihannya di Masjid Agung Baiturrahman Trenggalek, sehingga dagingnya bisa diserahkan kepada masyarakat secara langsung.

“Alhamdulillahsetelah Pandemi Covid kita bisa melaksanakan ibadah bersama di Masjid Agungtadi,” pungkas Nur Arifin.(gos/ham)