PKS Jatim Potong dan Bagikan Hewan Qurban Dengan Terapkan Protokol Kesehatan Secara Ketat

SURABAYA KANALINDONESIA.COM : Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jatim melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha 1441 H ini. Sebanyak 261 sapi dan 1289 kambing berhasil dihimpun dari para pengurus, kader, anggota legislatif, dan simpatisan PKS se-Jawa Timur. Ratusan sapi dan ribuan kambing tersebut disembelih dan dibagikan dagingnya sejak Jum’at (31/7) lalu hingga siang tadi, oleh panitia di DPD dan DPC PKS se-Jatim.

Ketua Umum DPW Irwan Setiawan menyampaikan, penyembelihan kurban pada tahun ini sedikit berbeda. “Kami lakukan sesuai instruksi Presiden PKS, yakni bekerja sama dengan Rumah Potong Hewan. Atau disembelih oleh orang yang terbatas. Tidak banyak orang. Dagingnya pun kita bagi ke para penerima dengan diantar ke tempat masing-masing. Kita tidak ingin ada kerumunan. Makan-makan usai menyembelih pun kita hindari. Masak-masak, bakar-bakar sate silahkan di rumah masing-masing saja,” jelasnya.

Baca:  PNFI Jombang, Gencar Realisasikan Sudut PAUD Literasi, untuk Wujudkan Kabupaten Literasi

Irwan juga mewanti-wanti kepada para panitia penyembelih untuk melaksanakan protokol kesehatan dan pencegahan covid-19. “Pakai masker wajib. Jaga jarak juga. Sabun dan air harus tersedia untuk sering cuci tangan. Baju lengan panjang. Dan dilarang mengusap-usap wajah. Alat-alat dibersihkan sebelum dan sesudahnya. Serta langsung mandi saat pulang ke rumah,” tuturnya.

Sekretaris Umum DPW Lilik Hendarwati nampak terlihat dalam penyembelihan di salah satu lokasi. “Saya meninjau pelaksanaan agar tetap sesuai dengan protokol. Ini lokasi penyembelihan DPC kecamatan Gayungan, Surabaya. Ada empat sapi yang disembelih di sini. Salah satunya dari Ibu Gubernur Khofifah. Pelaksanaannya terpantau sudah sesuai protokol,” ujar Anggota DPRD Jatim ini.

Baca:  Warga Ponorogo Temukan Mayat Mr X Terapung di Dekat Dam Cokromenggalan

Lilik menyampaikan, tujuan dari kegiatan Idul Adha ini tentu saja menjalankan ibadah dan syi’ar agama. “Di tengah situasi pandemi, PKS tetap berbagi dan melayani masyarakat. Meski tidak banyak, kita masih bisa berbahagia bersama dalam suasana hari raya ini,” ujarnya.

Lilik juga bersyukur para kader dan pengurus PKS tetap komitmen melaksanakan kegiatan Idul Adha meski dalam kondisi sempit. “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur Khofifah dan para simpatisan yang mempercayakan hewan kurbannya disembelih dan dibagikan oleh PKS. Semoga ibadah kurban kita semua diterima oleh Allah SWT,” kata Lilik.

Terakhir Ketua Umum DPW Irwan Setiawan berharap, perayaan Idul Adha 1441 H ini dapat meningkatkan solidaritas antarwarga masyarakat, dan memberikan semangat untuk keluar dari pandemi covid-19. “Di 10 hari awal bulan Dzulhijjah kemarin, para Ulama’ sudah membimbing kita untuk senantiasa berdo’a agar kita semua keluar dari wabah ini dengan selamat. Dengan semangat kebersamaan insya’Allah kita semua bisa mewujudkannya,” pungkas Irwan optimis. Nang

Baca:  Pol PP Magetan Tertibkan APK Gambar Cagub dan Cawagub Jatim