Kawasan Pertanian Perkotaan RW 05 RBS Disulap Jadi Lokasi Eduwisata Di Jakut

Eduwisata
Eduwisata

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM :  Lahan kosong seluas 3.000 m2 yang berada di lingkungan RW 05 Kelurahan Rawa Badak Selatan (RBS), Kecamatan Koja dimanfaatkan menjadi kawasan pertanian perkotaan yang identik dengan suasana asri pedesaan. Sejumlah fasilitas yang tersedia diantaranya saung, area panahan, kolam ikan, sawah, kebun, stasiun kerja biodigester dan lain-lain.

Bahkan, Walikota Administrasi Jakarta Utara Sigit Wijatmoko bersama Wakil Walikota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Desi Putra dan pejabat terkait melakukan gowes sepeda dari Kantor Walikota Administrasi Jakarta Utara menuju kawasan pertanian perkotaan RW 05 RBS untuk menikmati nuansa pedesaan ditengah kota Jakarta Utara.

“Kita awali kegiatan hari ini dengan bersepeda yang tidak hanya menggerakan tubuh tapi juga olah jiwa karena ada silaturahmi di dalamnya. Sedangkan kawasan pertanian perkotaan RW 05 RBS menjadi lokasi utama yang dikunjungi tim pesepeda Jakarta Utara,”kata Walikota Administrasi Jakarta Utara saat mencanangkan kawasan pertanian perkotaan RW 05 RBS, Jumat (7/8/20).

Baca:  Presiden Jokowi: Ekonomi Syariah Motor Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Menurutnya, lingkungan RW 05 RBS sebagai salah satu kawasan unggulan dan eduwisata yang memiliki berbagai potensi yang terus dikembangkan. Selain waduk, GOR Rawa Badak, RPTRA Rasela juga ada kawasan pertanian perkotaan yang dibangun dan digerakan oleh masyarakat RW 05 RBS.

Beragam inovasi bisa terus diwujudkan dalam bentuk karya nyata yang memberikan manfaat bagi masyarakat. “Model yang seperti ini akan terus kita kembangkan dan membutuhkan kebaharuan untuk kedepannya. Semangat kolaborasi juga harus tetap dipertahankan untuk bersama-sama memajukan wilayah,”ungkapnya.

Sementara itu, Lurah RBS, Suhaena menerangkan, proses pengerjaan kawasan pertanian perkotaan sejak Maret lalu dengan melibatkan warga sekitar dan petugas PPSU Kelurahan RBS. “Lahan ini satu kesatuan dengan RPTRA Rasela. Awalnya, disini dipenuhi tanaman liar dan sampah kemudian kita bersihkan karena saya lihat di Jakarta ini sangat sulit mendapatkan lahan kosong. Dengan kolaborasi, kita manfaatkan area ini sebagai kawasan pertanian perkotaan dan menjadi destinasi wisata,” pungkasnya.@wn

Baca:  Panglima TNI Terima Kunjungan Commanding General USARPAC di Mabes TNI