GP Ansor Jombang Sukses Selenggarakan Webinar Internasional bekerjasama dengan Bawaslu Jombang

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Gerakan Pemuda Ansor dan Bawaslu Jombang sukses mengadakan Webinar Pendidikan Pengawasan Partisipatif di Kantor Bawaslu Jombang, Jalan Raden Wijaya No. 15 pada Selasa (15/9/2020) malam.

Seminar yang dilakukan melalui aplikasi zoom meeting mengangkat Membangun Gerakan Melawan Hoaks dan Politik Identitas di Pemilu dan Pilkada. Adapun Narasumber diantaranya, Keynote Speaker Ketua GP Ansor Jatim H. Syafiq Syauqi, Lc, Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Aang Kunaifi, SH., M.H., A. Safril Mubah selaku Dosen Fisipol Unair yang sedang menyelesaikan Studi Ph.D Hubungan Internasional di NCCU Taipei.

Disamping itu, kegiatan webinar ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Jombang, Ahmad Udi dan ditutup oleh Ketua PC GP Ansor Jombang H. Zulfikar Damam Ikhwanto, S.Sos. Tercatat 500 peserta hadir dalam acara webinar ini yang sekaligus menandai launching lembaga Cyber dan Digital Media PC GP Ansor Jombang.

Peserta hadir dari seluruh Indonesia, bahkan hadir pula dari Taiwan, Malaysia dan Jepang. Selanjutnya lembaga ini menjadi penjaga kendali cyber bersama lembaga cyber yang sama di semua PC GP Ansor Se Jawa Timur. Dalam hal ini ditunjuk sebagai Koordinator Lembaga Cyber dan Digital Media PC GP Ansor Jombang adalah Sahabat Ali Mahfudz dan Sekretaris Khusnul Irfan Fauzi.

Baca:  Dalami Kasus Suap Bupati Jombang Non-Aktif, KPK Kembali Periksa Sejumlah Pejabat

Dalam sambutannya Ketua PC GP Ansor Jombang menyampaikan bahwa meski Jombang tidak pilkada, namun resonansi semangat untuk juga menjaga kondusifitas pilkada serentak 2020 menjadi latarbelakang terwujudnya webinar ini.

Ke depan melalui MOU bersama Bawaslu Jombang PC GP Ansor Jombang akan mengadakan rangkaian kegiatan lain seperti Rijalul Ansor Kepengawasan Pemilu, Kemah Pemuda dan pengembangan pengawasan partisipatif lainnya,” tambahnya.

Hadir sebagai Moderator, Cak Ukil, YouTuber viral yang juga pengurus lembaga PC GP Ansor Jombang terbukti mampu membawa suasana webinar menjadi cair dan penuh gelak tawa. Tidak jarang joke-joke khas santri terlontar, sekaligus menjadi bukti bahwa kader Ansor terbukti mampu menghadirkan diskusi ilmiah yang merakyat meski dengan tema berat seperti politik identitas.

Baca:  Pembangunan Kandang Ayam di Desa Watudakon Diprotes Warga, Karena Tidak Ada Sosialisasi

Hadir sebagai Keynote Speaker, H. Syafiq Syauqi, Lc menyampaikan bahwa sejak jaman Majapahit nenek moyang kita menolak adanya politik identitas. Dalam komitmen tersebut PW GP Ansor Jatim akan menginstruksikan jajaran tim cyber Ansor sampai dengan tingkat ranting untuk menanggulangi Hoaks dan Politik Identitas, khususnya pada pilkada serentak 2020 yang akan diselenggarakan di 19 Kab/Kota di Jawa Timur.

Bawaslu Jatim, dalam hal ini Aang Kunaifi, SH., M H. mengapresiasi langkah PW GP Ansor Jatim terkait politik identitas ini. Terlebih politik identitas dan Hoaks kerapkali muncul jelang perhelatan politik seperti pemilu dan pilkada. Pihaknya berharap Ansor dapat bersinergi untuk menjaga kondusifitas pilkada serentak 2020 di Jawa Timur.

Dalam perspektif akademis, A. Safril Mubah Dosen Fisipol Unair asal Jombang yang sedang berada di Taiwan mengatakan bahwa politik identitas dapat dilatarbelakangi oleh banyak faktor, baik itu sara, agama, suku dan atau kelompok/golongan tertentu terlebih pada masyarakat Indonesia yang multi etnis.

Baca:  Muhammadiyah Berbagi Qurban Lewat Lazismu

Disrupsi informasi memungkinkan produksi konten Hoaks dan Politik Identitas rawan terjadi jelang Pilkada dengan potensi pengumpulan massa yang rawan konflik. Dalam penyelenggaraan pemilu, Taiwan berbeda dengan Indonesia yang membatasi pengumpulan massa dalam jumlah besar dan penggunaan kaos pendukung terlebih dimasa pandemi,” terang Safril Mubah dalam diskusi webinar.

Selaku ketua panitia Hafis Muaddab menambahkan maksimal nya peserta webinar ini tidak terlepas sinergi PC GP Ansor Jombang dengan PC GP Ansor di Taiwan, Malaysia dan Jepang yang turut membantu publikasi kegiatan ini dengan maksimal. Ke depan dengan keberadaan PC GP Ansor di luar negeri pihaknya berharap akan ada kegiatan kolaboratif lainnya yang bisa berkontribusi terhadap penguatan kelembagaan dan pemberdayaan kader Ansor.

Komitmen memaksimalkan media digital sebagai konten dakwah akan menjadi bidang garap PC GP Ansor Jombang untuk menampilkan bahwa ber-Ansor itu keren,” pungkasnya.(bi)