Bupati Pamekasan Sidak Gudang Pabrikan Tembakau Tinjau Harga Beli Tembakau Petani

Bupati Pamekasan, Badrut Tamam bersma rombongan Fokopimda Pamekasan di lokasi Sidak Gudang Pabrikan Tembakau di jln. Raya Trasak Pamekasan, Rabu (16/09/2020)

PAMEKASAN,KANALINDONESIA.COM
Untuk mengetahui harga pembelian tembakau petani di pelaku bisnis tembakau sesuai HET yang telah ditetapkan bersama, Bupati Pamekasan Baddrut Tamam bersama Forkopimda Pamekasam, Madura, Jawa Timur, menggelar Inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah gudang pabrikan pembelian tembakau di Kabupaten setempat.

Sidak yang di gelar pada Rabu 16 September 2020 siang itu, Bupati Pamekasan bersama robongan Forlopimda hanya mendatangi dua lokasi gudang pabrikan pembelian tembakau. Yakni, gudang pabrikan tembakau milik PT. Djarum dan PT. Gudang Garam di Jl. Raya Trasak, kecamatan Larangan Pamekasan.

Dari sidak tersebut, hasil serap informasi harga tembakau petani yang dilakukan oleh Bupati Pamekasan H.Baddrut Tamam kepada petani tembakau rata-rata memberikan pengakuan kepuasannya mengenai harga tembakau yang tidak merugikannya.

Baca:  Suratman Berpeluang Pimpin Golkar Magetan Lagi

” Rata-rata petani tembakau yang menjualnya ke gudang pabrilan tembakau mengaku puas, karena dari hasil sidak ini kami juga tidak menemukan harga tembakau yang rendah seperti yang sudah senter di issukan di lingkungan masyarkat petani,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, rabu siang (16/09/2020).

Sebelum melakukan Inspeksi Mendadak ke sejumlah gudang pabrikan tembakau, Bupati Pamekasan sebelumnya juga telah melakukan pertemuan dengan petani dan perwakilan petani, serta pihak pabrikan gudang tembakau mengenai kesepakatan penentuan harga beli tembakau petani.

Dari pertemuan itu, disepakati tiga kategori harga tembakau sesuai kwalitas. Kwalitas harga paling tinggi, yakni tembakau gunung seharga Rp. 52.000. Untuk Tembakau Tegal, sebesar Rp. 41.000 dan Tembakau Sawah seharga Rp. 32.000.

Baca:  Ahli Epidemiologi: Klaster Secapa TNI AD Bisa Jadi Pembelajaran

Tiga ketegori harga tembakau tersebut, sudah sesuai dengan standart harga tembakau untuk tembakau tahun ini. Jika di lapangan tidak sesuai dengan HET yang telah di atur tersebut, pemerintah daerah akan turun langsung untuk melakukan tindakan tegas.

“Intinya, saya bersama Kapolres, Dandim 0826 Pamekasan berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan pembelaan kepada petani asalkan petaninya juga sama-sama jujur, terus juga akan memberi perlindungan kepada gudang asal tidak membeli dengan harga murah tentunya sesuai kwalitas yang membuat para petani puas,” Tegas Bupati Badrut Tamam.

Dari sidak tersebut, Bupati Pamekasan berharap agar tidak ada lagi issu miring harga tembakau yang merugikan masyarakat pamekasan marak beredar. Dlam komitmennya, Bupati Pamekasan Badrut Tamam tetap akan mengawal agar masyarakat makmur sejahtera dan sehat.*(ADV/Nang/Red).

Baca:  Kapolresta Kunjungi Kampung Tertib Psycal Distancing, Di PSG Sidoarjo