Kapolres Gresik Hadiri Vidcon Anev Satgas Nusantara

GRESIK, KANALINDONESIA.COM : Diseluruh wilayah Indonesia jumlah TPS yang dibuka dalam pilkada serentak tahun 2020 ini mencapai angka 298.000. Hal ini tertuang pada saat vidcon Kasatgasnus Pusat dalam rangka anev Satgas Nusantara di Aula Mapolres Gresik. Jumat (18/09)

Dalam giat yang dihadiri oleh Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto bersama PJU Polres Gresik tersebut Wakaba Intelkam Polri Irjen Pol Suntana menyampaikan jumlah yang telah disebutkan itu lebih banyak daripada penyelenggaraan pilkada serentak bebrapa waktu yang lalu.

“Dibandingkan penyelenggaraan yang lalu pilkada serentak kali ini ada penambahan TPS sebanyak 129.000”, ungkap Irjen Pol Suntana.

Wakaba Intelkam Polri ini juga menyampaikan beberapa aturan yang berlaku di saat masa pandemi ini terkait dengan tahapan pelaksanaan pilkada yang akan bergulir tidak lama lagi.

Baca:  Evakusi Di Hentikan

Berikut ini kegiatan yang diikuti oleh 50 orang berdasarkan ketentuan PKPU no. 10 tahun 2020 tentang bentuk dan ketentuan kampanye pilkada serentak di tengah wabah COVID-19 antara lain pertemuan terbatas,pertemuan tatap muka, dialog serta debat publik / debat terbuka antar paslon.

Kemudian untuk kegiatan yang dihadiri maksimal 100 orang diantaranya rapat umum (dengan tenggat waktu Pkl 09.00 sd 17.00), Giat kebudayaan berupa pentas seni, panen raya, konser musik,Giat olah raga berupa jalan santai, sepeda santai, Perlombaan Giat sosial (bazar, donor darah) terakhir Peringatan HUT Parpol.

Dalam forum tersebut Kasatgasnus Pusat Irjen Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si mengungkapkan terjadi beberapa pelanggaran selama tahapan pendaftaran pasangan calon diantaranya bakal paslon melakukan deklarasi kepala daerah yang dihadiri banyak massa sebelum menuju ke KPU, saat mendaftar ke KPU bakal paslon membawa massa dalam jumlah besar, kemudian bakal pasangan calon tidak membawa surat hasil tes PCR atau Swab test pada saat pendaftaran sebagai syarat verifikasi berkas pencalonan kepala daerah.

Baca:  Satreskrim Polres Gresik Berhasil Ungkap Mayat Mr X yang Dibuang di Tol Kebomas

Sementara itu Kasatgasda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo menyampaikan ketentuan PKPU no.10 tahun 2020 menekankan agar semua pihak yang terkait bisa bekerja sama dan selalu berkoordinasi terutama pada masa kampanye saat ini supaya tidak timbul misskomunikasi dilapangan.(Irw)