Gencarkan Imbauan Protokol Kesehatan, Polda Jatim Gelar Ops Aman Nusa II

Operasi Aman Nusa II Digelar Polda Jatim di Sejumlah Warkop di Surabaya, (foto: Ady_kanalindonesia.com)

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Kepolisian Daerah (Polda) Jatim bersama sejumlah elemen masyarakat gelar Operasi Aman Nusa II guna menegakkan protokol kesehatan, Sabtu malam (19/9/2020).

Untuk sasaran Ops Aman Nusa masih sama seperti sebelumnya, yakni titik lokasi yang ditemukan kerumunan masyarakat. Seperti warkop dan kafe hingga area taman di Kota Surabaya.

Ada tiga titik yang didatangi petugas patroli, diantaranya Kopi Titik Kumpul kawasan Prapen, Kecamatan Tenggilis Mejoyo Surabaya, lalu Warkop Abah berlokasi di Jalan Ngagel Jaya Selatan No.168 Surabaya, dan terakhir rombongan menuju Carlsberg Pub & Cafe Hotel Garden Palace Surabaya.

Kegiatan pendisiplinan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020 dan Pergub Jatim Nomor 54 Tahun 2020 dan peraturan lainnya, yaitu Perwali dan Perbup.

Baca:  Polda Jatim Panggil 28 Saksi Terkait Insiden Kasus Ricuh di Depan Kantor Bupati Pamekasan

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menjelaskan bahwa kegiatan penegakkan protokol kesehatan ini terus dilakukan hingga perkembangan Covid-19 dinyatakan aman oleh pemerintah atau instansi yang berwenang.

Sedangkan untuk sosialisasi dan edukasi sendiri telah dilakukan pemerintah sejak enam bulan yang lalu kepada masyarakat khususnya warga Jawa Timur.

“Kami sangat menyayangkan, masih ada masyarakat yang belum melaksanakan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah guna mencegah penularan Covid-19. Dalam pelaksanaan kegiatan patroli, kami masih menemukan pengunjung atau masyarakat duduk bergerombol, tidak menjaga jarak serta sebagian dari mereka tidak menggunakan masker,” terang Trunoyudo dikutip Kanalindonesia.com di Mapolda Jatim, (19/9).

Menurut Kabid Humas, tak ada bosan-bosannya pihaknya terus memberikan imbauan kepada pengunjung atau pembeli agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Baca:  Masih Ada 13 Publik Figur Lainnya Dipanggil Polda Jatim Soal MeMiles

“Sosialisasi dan edukasi tentang bahayanya Covid-19 juga kepada pemilik usaha. Jika tetap melanggar protokol kesehatan, maka petugas Satpol PP akan menyita KTP pengelola maupun pengunjung,” pungkasnya. Ady