Genangan Luapan Sungai Ogolatfa di Kabupaten Parigi Moutong Berangsur Surut

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Banjir akibat luapan debit air Sungai Ogolatfa di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, berangsur surut. Situasi terakhir dilaporkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) setempat pada pukul 12.18 WIB.

BPBD Kabupaten Parigi Moutong memantau kondisi genangan yang surut dan terus melakukan kaji cepat di lapangan. Tiga desa terdampak di Kecamatan Sidoan, Parigi Moutong. Ketiga desa tersebut adalah Desa Sidoan, Sidoan Barat dan Sidoan Selatan. Banjir terjadi pada hari ini, Kamis (24/9), pukul 03.00 dini hari waktu setempat.

Data sementara per siang ini, 130 unit rumah terendam dan 3 unit rumah mengalami rusak berat. Saat kejadian, tinggi muka air antara 50 hingga 60 cm.

Baca:  Kasrem 173/ PVB Turut Jemput Kedatangan Kepala BNPB

Setelah berangsur surut, BPBD setempat dan masyarakat melakukan gotong royong untuk melakukan pembersihan material dan lumpur yang terbawa oleh air. Kebutuhan darurat yang dibutuhkan oleh BPBD antara lain makanan siap saji, selimut dan air bersih.

Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada hari ini dan esok (25/9), Provinsi Sulawesi Tengah termasuk salah satu wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat dan diikuti kilat/petir dan angin kencang.

Kabupaten Parigi Moutong merupakan wilayah dengan kategori sedang hingga tinggi untuk potensi bahaya banjir. Sebanyak 22 kecamatan dengan luas 68.281 hektar yang berada pada kawasan bahaya dengan kategori tersebut.(KI-02)