Empat Kecamatan di Blitar Berpotensi Diterjang Tsunami

BLITAR, KANALINDONESIA.COM: Kajian Pulau Jawa akan dilanda Gempa Besar yang disertai tsunami ahir-ahir ini beredar di blitar. Sebanyak empat Kecamatan berpotensi diterjang tsunami, diantaranya kecamatan Wates, Pangungrejo, Bakung dan Wonotirto.Empat kecamatan tersebut wilayah Blitar selatan.Mayoritas di empat wilayah tersebut,masyarakat yang tinggal di pantai dan desa yang dekat dengan pesisir pantai.

Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik mengatakan, Untuk mengantisipasi terjadinya bencana tsunami, BPBD Kabupaten Blitar sudah memasang alaram tsunami. Saat ini yang sudah di pasang pantai Jolosutro, Desa Ringinrejo, Kecamatan Wates Kabupaten Blitar. Sedangkan tiga wilayah yaitu Tambakrejo, Bakung, dan pantai serang belum ada.

“Kalo potensi tsunami akan selalu ada, karena memang di jalur gempa.
Terkait hal itu desa desa di wilayah pantai seperti, Tambakrejo, serang dan Ringinrejo telah lama membentuk diri sebagai Desa Tangguh Bencana.Dan masyarakatnya juga sudah membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB), “kata Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Rabu (30/09/2020).

Baca:  Kesal Tak Kunjung Dilunasi, Anak di Ponorogo Robohkan Rumah Gunakan Alat Berat

Cholik menambahkan, Para desa yang sudah membentuk Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB). Sudah mendapatkan pelatihan bila sewaktu waktu terjadi tsunami.

” Jadi bagi desa yang sudah terbentuk (FPRB). Pasti sudah paham. Mereka sudah mengikuti pelatihan saat menghadapi terjadinya gempa di sertai tsunami, “Pungkasnya. (Gil)