Campaign.com Ajak Masyarakat Berkontribusi Jaga Ketahanan Pangan Nasional

Para pembicara Peduli Pangan Series – World Food Day 2020: Get To Know Local and Traditional Food melalui webinar zoom di Jakarta, Jumat (16/10/2020).

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Campaign.com bersama Peduli Pangan Desa Kota menginisiasi program Peduli Pangan yang mengajak masyarakat, khususnya anak muda untuk berkontribusi menjaga ketahanan pangan nasional.

Program ini dirasa perlu mengingat isu ketahanan pangan nasional kini menjadi perhatian, khususnya saat pandemi Covid-19. Terlebih dirasakan para petani yang kesulitan memenuhi pangan pokok.

Badan Pusat Statistik (BPS) per Bulan Mei 2020 merilis data bahwa Nilai Tukar Petani (NTP) menurun sebesar 0.85%. Data tersebut menunjukkan bahwa tingkat daya beli petani serta daya tukar produk pertanian dengan barang dan jasa untuk dikonsumsi juga menurun. Hal ini bermuara pada potensi krisis pangan lebih lanjut, yakni kurangnya pasokan pangan khususnya bagi kelompok rentan.

Baca:  Beri Kuliah Umum di IAIN Ternate, Menpora Minta Pemuda Harus Mampu Menjawab Tantangan Bangsa

Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI) juga merilis ada tiga kelompok paling rentan terdampak Covid-19 yakni orang miskin, petani, dan anak-anak.

Lebih lanjut, LIPI juga memaparkan bahwa beberapa penyebab menurunnya harga komoditas pertanian adalah distribusi yang terhambat, serta menurunnya tingkat pendapatan masyarakat secara umum akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Inisiatif Peduli Pangan ini terdiri dari beragam rangkaian kegiatan, salah satunya ‘Peduli Pangan Series – World Food Day 2020: Get To Know Local and Traditional Food’. Webinar tersebut dihadiri oleh Dede Rina selaku Project Manager Peduli Pangan, Rayhan Dhira sebagai chef yang memiliki ketertarikan terhadap olahan pangan tradisional, serta Brigita Sidharta sebagai Direktur Nasional IAAS (International Association of Students in Agricultural and Related Science) Indonesia.

Baca:  Dihantam Minibus, Pemotor di Trenggalek Meninggal di TKP

“Bertepatan dengan Hari Pangan Sedunia tahun ini, Peduli Pangan Desa Kota bersama Campaign.com ingin mengajak anak muda di Indonesia lebih aktif mengonsumsi pangan lokal dan tradisional. Selain menyehatkan, secara langsung juga mendukung petani lokal dan komunitas pangan lokal untuk mengembalikan roda perekonomian di tengah pandemi. Saat ini kami juga berkolaborasi dengan 7 komunitas pangan lokal yang membuat laman aksi di aplikasi Campaign #ForChange,” ujar Dede Rina, Project Manager Peduli Pangan.

Aksi yang dihadirkan oleh program Peduli Pangan bersama 7 komunitas ini dapat diikuti oleh anak muda di seluruh Indonesia. Menyelesaikan seluruh aksi dalam program tersebut, setara dengan berdonasi sebesar Rp 20.000 yang didukung oleh United Way bekerja sama dengan 3M, Community Chest of Korea, serta mitra lokal William and Lily Foundation.

Baca:  JTF Berikan Donasi APD ke RS Polri Jakarta

Donasi ini nantinya didistribusikan dalam bentuk bantuan pangan kepada kelompok rentan yang terdampak Covid-19.

Pembicara lainnya, Rayhan Dhira sebagai chef mengungkapkan, sebenarnya mengonsumsi pangan lokal itu tidak harus jauh-jauh pergi ke desa. Pangan lokal ada di sekitar kita, mudah diolah dan menyehatkan.

“Mengonsumsi pangan lokal secara langsung mendukung petani karena kita membeli bahan bakunya dari hasil panen mereka,” ungkap Rayhan.

Program Peduli Pangan dapat diakses https://www.campaign.com/pedulipangan dan Instagram @campaign_id. @Rudi