Relokasi Terminal Trunojoyo Sampang, Sebaiknya Dipertimbangkan Dengan Matang

SAMPANG KANALINDONESIA.COM : Untuk melakukan penataan kota Pemerintah Kabupaten Sampang, meminta kepada Pemprov Jatim untuk memindahkan terminal Trunojoyo dari Jl. di Jalan Teuku Umar, ke Desa Aeng Sareh Kabupaten Sampang Madura.

Pemkab Sampang kabarnya sudah menyiapkan anggaran sebesar 9 miliar untuk pembebasan lahan.

Pemindahan terminal ini harus mendapat persetujuan Gubernur Jatim karena beepredikat terminal type B, yang pengelolaannya menjadi kewenangan Pemprov Jatim.

Untuk memastikan apakah terminal di Kabupaten Sampang ini layak direlokasi atau tidak. komisi D DPRD Jatim melakukan peninjauan lokasi baik terminal yang masih beroperasi juga bakal lokasi terminal baru.

Wakil Ketua Komisi D Asyari usai meninjau lokasi menilai relokasi layak dilakukan untuk melakukan penataan kota yang mulai padat.
“Keberadaan terminal Trunojoyo yang berada ditengah kota, saya lihat memang sudah tidak layak untuk dipertahankan. Maka sebagai wakil rakyat asli Sampang saya rasa sudah waktunya dipindah kelokasi yang lebih layak. Dan lokasi baru di Aeng Sare ini sangat layak sebagai terminal baru,” ungkap Asyari, Jum’at (16/10/2020) disela sela kunjungannya ke Sampang.

Baca:  Henry Gunawan dan Istri Dijebloskan Penjara, Ini Kasus Terbarunya  

Asyari menjelaskan juga bahwa akses dari terminal ke luar terminal bagi masyarakat juga sudah disiapkan, “nanti akan ada trayek angkot dan taxi untuk memudahkan warga ke terminal baru. Apalagi nanti arus kendaraan barang akan lewat jalur pansel ( pantai selatan) Sumenep, ” Tambahanya.

Sementara itu anggota Komiisi D lainnya Hidayat, berharap pemprov tidak buru buru melakukan relokasi sebelum melakukan fisibilitas study, “Kita perlu lakukan Fisinilitas study, agar bisa diprediksi apakah relokasi ini akan memberi progres yang bagus atau malah sebaliknya. Jangan sampai setelah direlokasi malah sepi. Bakal sia sia uang rakyat yang dikeluarkan,” kata politisi Geirndra ini.
Tinjau lapangan ini juga diikuti sebagian besar anggota komisi D DPRD Jatim yaitu Sabron Djamil Pasaribu, Martin, Sugeng Pujianto, Guntur Wahono, Makin Abbas, Masduki dan yang lainya.

Baca:  Jual Ganja Jenis Gorila di Sosmed, Dalihnya: Bisa Tingkatkan Imunitas Mencegah Covid-19

Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dinas Perhubungan Jatim, Emmy Retnowati mengatakan pengajuan pemidahan terminal trunojoyo ke desa Aeng Sareh oleh Pemkab Sampang saat ini sudah ditindaklanjuti oleh Gubernur Jatim. Tapi Gubernur Jatim sebelum dilakukan pemidahan tersebut meminta kepada pihak pemkab Sampang untuk mempertimbangkan beberapa hal yang pertama kemudahan aksesnya ke terminal tersebut. Kemudian keputusan kedua yaitu terkait Ruang Tata Hijaunya (RTH). ketiga pihak pemkab Sampang untuk melakukan kembali kajian atau analisis kondisi terminal saat ini dan kondisi terminal yang baru.
“Jangan sampai pemidahan atau relokasi terminal baru ini menjadi sepi seperti di Tuban, sebelum dilakukan pemunuhan syarat tersebut. Tapi apabila pemenuhan syarat tidak dilakukan oleh pihak Sampang pihak provinsi berharap agar tetap menempati terminal trunojoyo sekarang. Dengan bersama – sama melakukan pembenahan terminal trunojoyo tersebut,”pungkasnya

Baca:  Hari Dokter Nasional, Dokter di Mojokerto Tolak Program DLP