Audensi Digelar Kapolda Jatim Dengan Pangkoarmada II dan Gubernur AAL, Bahas Pengamanan Gangguan Kamtibmas

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Mohammad Fadil Imran gelar audensi dengan dua perwira tinggi TNI AL, yakni Pangkoarmada II Laksda TNI I.N.G Sudihartawan dan Gubernur AAL, Laksda TNI Tunggul Suropati.

Audensi antara dua laksamana bintang dua merupakan pejabat baru yang kini bertugas di wilayah Jawa Timur dengan Kapolda Jatim dilakukan sebagai salah satu bentuk sinergitas dan silaturahmi antar Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Jawa Timur.

Audiensi digelar secara santai untuk saling mendukung dalam melakukan tugas dalam rangka terciptanya kondusivitas keamanan bagi masyarakat di Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya.

Kapolda menyebutkan, bahwa audiensi ini sebagai media terciptanya sinergitas saling mendukung antara Polri dan TNI, dalam menyelenggarakan keamanan khususnya di Provinsi Jawa Timur. Terlebih dalam hal percepatan penanganan Covid-19 dan pengamanan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Baca:  Kursi Kosong Paripurna DPRD Gresik

Ia menjelaskan, saat ini penyebaran Covid-19 di Jatim sudah menunjukkan tingkat penyebaran relatif rendah. Tidak seperti pada bulan-bulan sebelumnya yang tingkat penyebaran sangat tinggi.

“Keberhasilan menurunkan angka penyebaran Covid-19 ini merupakan wujud sinergitas, antara kinerja TNI/ Polri, stake holder yang lainnya dan Pemprov Jawa Timur,” ujar Kapolda dikutip Kanalindonesia.com, Senin (26/10/2020)

“Intinya dalam pertemuan hari ini dengan Pangkoarmada II di Polda dan Gubernur AAL di Polda Jatim, dalam rangka silaturahim. Kami saling memberikan support atau dukungan dalam melaksanakan pengamanan bagi masyarakat Jawa Timur,” imbuhnya

Pangkoarmada II menuturkan bahwa pihaknya sebagai pejabat baru sebagai Pangkoarmada II, memohon dukungan serta kerjasama antara TNI AL dan Polri khusunya Polda Jatim.

Baca:  Polres Ponorogo Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Safari Reyog Kamtibmas

“Saya berharap ada sinergitas TNI AL dengan Polri khususnya Polda Jatim dalam pengamanan di Jawa Timur sehingga masyarakat di Jatim bisa aman dan nyaman,” ucapnya.

“Semoga kunjungan ini dapat mengintensifkan komunikasi, serta meningkatkan sinergitas guna mengoptimalkan peran dan fungsi instansi masing-masing untuk kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas ke depan. Terutama koordinasi masalah keamanan dalam rangka menghadapi Pilkada serentak serta dalam upaya pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 di Jawa Timur, khususnya Surabaya,” tutur Laksda Sudihartawan.

“Koarmada II juga siap membantu Polda Jatim dalam pengamanan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan di Jawa Timur. Karena hal ini selaras dengan program prioritas Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan Operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi,” tegasnya.

Baca:  Jaga Netralitas Polri Jelang Pilkada 2020, Ini Langkah Kapolda Jatim Dengan Pimpinan Menkopolhukam di Zoom Meeting

Gubernur AAL juga menegaskan dukungannya dalam hal koordinasi masalah keamanan untuk menghadapi Pilkada serentak. Selain itu, dukungan serupa juga disampaikan terkait upaya pencegahan dan percepatan penanganan covid-19 di Jawa Timur, khususnya Surabaya. Ady