Jelang Libur Panjang, Penumpang KA Wajib Rapid Test dan Bawa Surat Bebas Covid-19

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Mengantisipasi melonjaknya penumpang KA jarak Menengah/Jauh menjelang libur Long Weekend akhir Oktober 2020 di masa pandemi Covid-19, PT KAI Daop 8 Surabaya mengimbau kepada para calon penumpang untuk melakukan Rapid Test H-1 sebelum keberangkatan.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto membenarkan, sesuai Surat Edaran No.14/2020 dari Ditjenka terkait pedoman teknis di transportasi KA dalam pencegahan penyebaran Covid-19, ada 2 jenis protokol kesehatan yang harus diterapkan bagi para penumpang.

“Ada dua jenis protokol kesehatan (prokes) yang kami terapkan bagi penumpang KA, diantaranya prokes bagi penumpang KA jarak Menengah/Jauh dan penumpang KA Lokal,” kata Suprapto ketika dikonfimasi Kicom lewat telepon, Selasa (27/10/2020).

Baca:  HUT ke 69 Humas Polri, Kabid Kombes Trunoyudo Sebut Media Berperan Penting Mencegah Penyebaran Covid-19

Dari dua jenis protokol kesehatan diterapkan oleh pihaknya, kata Suprapto protokol kesehatan yang difokuskan, yakni bagi penumpang KA jarak menengah/jauh, diharuskan menunjukkan surat bebas Covid-19.

“Kalau untuk penumpang KA jarak menengah/jauh membawa surat bebas Covid-19 ini bersifat wajib. Sedangkan bagi penumpang KA lokal tidak perlu,” tandasnya.

Meskipun tidak menunjukan surat bebas Covid-19, Suprapto mengingatkan kepada para penumpang KA lokal wajib menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, tidak boleh berbicara saat telah berada didalam kereta dan masih banyak yang lainnya.

Masih kata Suprapto, layanan rapid test terdapat di 5 stasiun besar, seperti Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Sidoarjo, Mojokerto dan Malang, penumpang KA hanya membayar tarif Rp85.000,-.

Baca:  Dinas Kominfo Lamongan Kerjasama Dengan Pers Demi Membangun Ketahanan Informasi Nasional

“Jam operasional pelayanan rapid test rata-rata pukul 07.00 sampai 19.00 WIB. Tarif rapid test hanya delapan puluh lima ribu,” imbuh Suprapto.

Sampai saat ini, Suprapto menyebut pada masa libur long weekend akhir Oktober 2020, PT KAI Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan 46 perjalanan KA lokal.

“Ada sekitar 46 perjalanan KA lokal yang akan kami operasikan. Diantaranya KA Dhoho, Penataran, Tumapel, Ekonomi lokal Bojonegoro, Ekonomi lokal Kertosono, Komuter dan Komuter Sulam,” jelasnya.

Untuk jarak menengah/jauh sendiri, ada 23 KA yang siap dioperasikan. Lonjakan jumlah penumpang diperkirakan mulai pada tanggal 28 Oktober dengan didominasi tujuan KA arah Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Banyuwangi.

“Sementara diprediksi untuk arus balik penumpang akan terjadi pada tanggal 1 November 2020,” pungkas Suprapto. Ady

Baca:  Jembatan Rusak Akibat Banjir di KLU Akan Diperbaiki Secara Bertahap