Jelang Pilkada Serentak, Kapolres Gresik Hadiri Halaqah Yang Bertema Harmonisasi Keberagaman Gresik Kota Santri

GRESIK, KANALINDONESIA.COM : Jelang Pilkada Serentak, Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto hadiri pengajian di masjid Aula masjid agung gresik jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik, yang bertemakan”Harmonisasi Keberagaman Gresik Kota Santri” yang di bawakan oleh ustadz Dr. KH. Imam Mawardi. Rabu (28/10)

Di mana Pilkada identik dengan berbagai perbedaan, antara pendukung Paslon Satu dan Paslon lainnya, untuk antisipasi terjadinya gejolak yang menyebabkan terganggunya kondusifitas Harkamtibmas, Polres Gresik, MUI, Kodim 0817, gelar pengajian bersama untuk menyatukan persepsi demi tercapainya Pesta Demokrasi yang sehat dan sukses.

Terutama dalam menjaga harmonisasi dalam keberagaman umat beragama di Kabupaten Gresik.

Kapolres Gresik dalam sambutanya mengatakan,“Pentingnya menjaga ukhuwah kebangsaan berdasarkan prinsip toleransi yang merupakan inti dari pandangan agama – agama di Nusantara. toleransi hanya bisa dilaksanakan jika memiliki akhlak yang mulia dan menjunjung tinggi nilai etis dan Agama”,kata dia.

Baca:  Dump Truk Gresik yang Hilang, Ditemukan di Jember, Pelakunya Didor Kakinya Salah Satunya Warga Wringinanom

Dalam tausiyahnya KH. Imam Mawardi menyampaikan secara luas Budaya asli Nusantara juga memainkan peranan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, selama tidak bertentangan dengan ajaran agama, justru budaya yang ada di Nusantara dapat menjadi penambah nilai estetika, karena budaya merupakan salah satu infrastruktur Agama.

“Prinsip utama dalam berbangsa yang harus dianut oleh segenap umat beragama adalah rasa cinta tanah air sebagai bagian dari iman. Artinya kita perkokoh berbagai elemen penyusun tanah air, baru kemudian kita mampu membangun agama secara ideal. Untuk itu, melalui kegiatan halaqah ukuwah ini bisa terjalin hubungan harmonisasi antar umat beragama, demi suksesnya cita-cita kita bersama,”tutupnya.(Irw)