Ops Zebra Semeru 2020, Kapolres Madiun: Kedepankan Preventif dan Preentif

Seorang wanita tanpa pakai helm, sempat diedukasi Kapolres Madiun AKBP R Bagoes Wibisono. Bahkan, diberi dan dipasangkan pakai helm standar, sambil berharap pengendara motor patuh berlalu lintas.(foto: Abas)

MADIUN, KANALINDONESIA.COM: Operasi Zebra Semeru 2020 digelar Sat Lantas Polres Madiun di seputaran perempatan pasar Pagotan, Madiun, Sabtu (31/10/2020) pagi hingga siang. Dalam operasi kali ini dipimpin langsung Kapolres Madiun AKBP R Bagos Wibisono dan Kasat Lantas AKP Ari Bayu Aji.

“Dalam operasi kali ini, petugas mengedepankan tindakan preventif dan preentif. Kami tidak memberikan tilang kepada para pelanggar lalu lintas, lebih kepada mengedukasi masyarakat tentang tata tertib mengendarai kendaraan. Seperti menggunakan helm, membawa surat kendaraan, tidak memakai handphone saat berkendara dan lainnya,” ujar Kapolres Madiun.

Tidak hanya itu, petugas memberikan reward atau hadiah berupa coklat, kue dan buku kepada pengendara taat aturan lalu lintas. Polisi juga memberikan helm gratis kepada pengendara motorp kedapatan tidak memakai helm, lalu diberikan sosialisasi dan imbauan untuk tidak mengulangi kesalahannya.

Baca:  KAI Daop 7 Madiun Lakukan Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan Sebidang

Ia mengatakan sejumlah pelanggaran masih ada, seperti pengendara motor tidak pakai helm dengan dalih rumahnya dekat.

“Anggapan ini lah tidak benar dan patut diluruskan. Naik motor, tidak peduli dekat dari rumah harus tetap pakai helm. Lewat edukasi dan imbauan, tambahnya, diminta masyarakat dengan tertib memakai helm standar, masker, pakai ponsel saat berkendara, melebihi batas kecepatan, cukup umur serta lainnya. Syukur-syukur lagi edukasi ditanamkan sejak dini atau dari kecil, diterapkan orang tua pengendara motor.

Saat petugas menemukan orang tua berboncengan dengan anaknya memakai helm, petugas pun memberikan hadiah. Sang anak diberikan buku dan sebatang coklat, sedangkan bagi anak tidak pakai helm, petugas memberikan helm.
Disela-sela operasi letaknya sekitar Pasar Pagotan, Kapolres Madiun menyempatkan diri berkeliling pasar. Sesekali Kapolres Madiun ini menyapa pedagang atau penjual, agar dalam berbagai aktivitas memakai masker.

Baca:  Polres Trenggalek Ungkap Pelaku Curi HP di Rumah Kos 

“Hasilnya, bagus mayoritas pedagang dan pembeli pakai masker hingga penerapan protokol Covid-19 benar-benar diterapkan. Hal ini perlu dilakukan terus-menerus, disiplin adalah vaksin. Disiplin pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun,” tandasnya.

Terpisah, AKP Ari Bayu Aji menyatakan terkait Operasi Zebra Semeru 2020 pihaknya tidak mentargetkan jumlah pelanggar harus ditilang.

“Kami fokus operasi adalah memberi edukasi kepada masyarakat terkait tata tertib berlalulintas demi mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polres Madiun. (abas)