Memaksimalkan Kamera Smartphone untuk Mobile Photography, Ini Tipsnya

Membuat cerita melalui foto dengan menggunakan kamera smartphone.

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM : Selama manusia hidup di dunia mengandung cerita. Mulai dari bangun tidur, mandi, sarapan, lalu ke kantor atau kampus, hingga pulang ke rumah dan tidur kembali. Itu adalah cerita. Bisa lewat tulisan, atau konten visual seperti foto atau video.

Banyaknya smartphone di pasaran bisa dijadikan alat fotografi untuk mengabadikan momen cerita kamu. Bicara soal konten visual, nampaknya fotografi bukan lagi sesuatu yang ekslusif. Semua orang bisa jadi fotografer dengan kamera smartphone yang didesain sedemikian rupa. Nah untuk kamu yang ingin bercerita namun sulit menggunakan kata-kata kenapa nggak mulai bercerita lewat foto saja?

Inilah tips untuk memaksimalkan kamera smartphone agar dapat bercerita lewat foto :

1. Perhatikan Kebersihan Lensa Kamera Smartphone

Banyak pengguna smartphone nggak sadar kalau lensa kamera di smartphone nya dalam keadaan berminyak atau kotor. Sentuhan jari menjadi pelaku utama. Sebelum memotret, pastikan lensanya dalam keadaan yang bersih agar cahaya yang masuk nggak terbiaskan oleh lapisan minyak atau kotoran lainnya.

Gunakan saja kain katun yang biasanya menjadi bahan dasar kaos. Lap lensa kamera secara dengan perlahan, pastikan bahwa kaos dalam keadaan kering dan tidak bernoda.

Baca:  Kerusuhan di Balik Piala Gubernur Jatim

2. Creative Thinking

Berpikir kreatif sejatinya bisa dilakukan dalam hal apapun. Apalagi di bidang seni fotografi. Bisa dibilang mobile photography bisa jadi sarana untuk mengasah kreativitas. Lihat sekeliling ketika hendak memotret. Cari benda apapun yang bisa meningkatkan level kualitas visual.

Apapun dan siapapun bisa jadi objek foto yang bercerita. Karena bercerita nggak selalu harus dengan kata-kata kan? Karena foto juga bisa berbicara.

Kamu bisa menggunakan realme Narzo yang dilengkapi Quad Camera (empat kamera) dengan kamera utama 48MP. Dapat menghasilkan resolusi maksimum adalah 8000×6000 sehingga kamu tidak akan kehilangan detail saat memotret objek tak terduga.

Untuk menangkap detail agar hasil jepretan makin maksimal kamu juga bisa menggunakan Oppo A92 yang juga dibekali empat kamera dan sensor dengan sensor 1/2″ dan kamera utama sebesar 48MP, foto yang dipotong atau diperbesar dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik memungkinkan kamu menemukan setiap detail yang kamu tangkap.

3. Tentukan Angle

Ini poin plus mobile photography. Karena bentuk smartphone yang lebih ringkas kamu bisa lebih leluasa menentukan angle bahkan hingga sudut tersempit sekalipun. Cari angle yang biasanya nggak dipikirkan orang lain. Mungkin frog eye atau sudut pandang rendah? Sudut pandang rendah membuat distorsi dan perspektif foto jadi lebih dramatis.

Baca:  Pameran Foto Tohoku

Mengakomodir kebutuhan fotografer smartphone, Redmi Note 9 Pro dan Xiaomi Poco X3 bisa kamu andalkan. Redmi Note 9 Pro dibekali Quad Camera dengan kamera utama sebesar 64MP untuk jepretan halus dan detail. Layarnya yang lebar dan desain yang compact cocok untuk hunting foto di medan mana pun. Chipset Snapdragon 720G, salah satu chipset terbaik Android, juga mendukung fotografi continuous shoot yang nggak bakal hang atau lag.

Xiaomi Poco X3 juga bisa menjadi teman berpetualang kamu di mana aja. Desain Quad Camera yang berada di tengah membantumu menentukan angle kamera yang pas. Agar performanya stabil Poco X3 juga punya sistem pendingin Liquid Cool Technology 1.0 Plus. Teknologi tersebut menggunakan heatpipe dari tembaga dan grafis sehingga suhu prosesor bisa turun hingga 6 derajat. Fitur ini jelas berguna bagi mereka yang hobi fotografi dan gaming seharian.

4. Komposisi Warna

Fotografer itu mirip-mirip pelukis. Kamu perlu mengetahui komposisi warna yang pas pada setiap jepretan. Komposisi warna dalam fotografi berbicara soal bagaimana perpaduan warna yang selain bercerita juga enak di lihat.

Baca:  Dukung Inovasi Anak Bangsa, Presiden Jokowi: BUMN Harus Berperan Lebih Besar

Kabar gembira, Oppo Reno 4F juga bisa diajak kreatif mainin warna dengan fitur AI Color Portrait Mode. Saat mengambil foto, latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga warna pada objek manusia. Untuk hasil foto yang lebih artsy, tinggal memanfaatkan fitur AI Color Portrait di smartphone ini.

Foto di malam hari? Kamu bisa memaksimalkan fitur Super NightScape 2.0 di realme 6. Smartphone realme 6 memiliki komponen sensor cahaya kamera yang sangat sensitif, prosesor gambar canggih terintegrasi dan algoritma yang dioptimalkan seperti pengurangan noise multi-frame. Kamu dapat memotret pemandangan malam yang cerah dan jelas tanpa bantuan tripod.

Itu tadi cara memaksimalkan kamera smartphone untuk hobi fotografi. Cek semua pilihan smartphone untuk memaksimalkan kemampuan fotografi di www.erafone.com.

Karena ada OOTD (Online Oriental Tech Days) event online dari Erafone yang akan mengupas banyak informasi menarik tentang produk-produk dari Negeri Tirai Bambu. Cek informasi selengkapnya di website www.erafone.com  dan jangan lupa follow Instagram @erafonestores untuk promo menarik lainnya. @Rudi