Johan Budi Harapkan Kepala Desa dan Perangkat Desa Berikan Pemahaman Ideologi Pancasila ke Masyarakat

PACITAN, KANALINDONESIA.COM: Anggota Komisi II DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Johan Budi Sapto Pribowo dari Dapil VII Jawa Timur menggelar sosialisasi empat pilar Kebangsaan dengan tema ” Pemantapan Wawasan Kebangsaan Dan Pancasila ” yang digelar di Gedung UPT Perikanan Tamperan, Kabupaten Pacitan,pada Sabtu (21/11/2020).

Dalam acara itu tampak hadir Heru Wiwoho Sekertaris Daerah Kabupaten Pacitan yang mewakili Bupati Pacitan Indartato dan Kesbangpolinmas serta Puluhan Kepala desa dan Perangkat Desa se Kecamatan Pacitan.

Saat sambutannya, Johan Budi menyampaikan antara lain soal sejarah dan pentingnya ideologi Pancasila.

” Pendidikan Pancasila jangan hanya sebagai pelajaran saja namun harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Empat pilar yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan pilar kebangsaan sebagai pedoman demi tegaknya Negara Indonesia, untuk itu semua warga negara hukumnya wajib untuk menjaga dan melaksanakannya.

Baca:  Polisi Ungkap Pembuang Bayi di Kaponan Ponorogo

Johan Budi sempat mengapresiasi pertanyaan dari beberapa kepala Desa, tentang permasalahan penghinaan Presiden dan para pejabat melalui medsos.

” Sebuah kritikan terhadap Presiden dan para pejabat itu sah-sah saja, akan tetapi kritikan untuk membangun bangsa dan negara, jangan menghina atau menjelek-jelekan dengan kata-kata sara sampai penghinaan pribadi. kita sebagai bangsa Indonesia harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Johan Budi mengharapkan, para kepala Desa dan Perangkat Desa harus memberikan wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila kepada masyarakat. Betapa pentingnya Ideologi Pancasila bagi masyarakat, dan yang terlebih lagi bagi anak-anak remaja serta anak-anak kita dalam memaknai arti Pacasila yang sebenarnya,” pungkasnya. (Lc)