Sugiri Sancoko Panen Raya Padi di Jenangan

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM : Calon Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, hadiri panen raya di desa Ngrupit, Kecamatan Jenangan Ponorogo, Selasa (24/11/2020). Sebelum acara panen raya, juga digelar atraksi seni sebagai perwujudan rasa syukuratas panen padi saat ini.

Prof Hariadi, Direktur Pusat Pengkajian Organik Terpadu (PPOT) salah satu peneliti dari Malang, mengatakan,”bibit HMS 700 merupakan bibit lokal yang unggul yang memiliki berbagai keunggulan. Keunggulannya hasil produksi meningkat lebih dari 40 persen, tahan terhadap hama padi, seperti wereng,”katanya.

Professor asal Kota Malang itu juga menerangkan,” hasil panen dari bibit HMS 700 di Ponorogo, dalam satu hektar bisa mencapai 15 ton. Di daerah lain, seperti di Bantul bisa mencapai 21 ton, Di Bondowoso dalam satu hektar bisa menghasilkan 14 ton. Artinya bibit lokalpun tidak kalah dengan bibit dari luar negeri,” terangnya.

Baca:  Ditinggal Belanja 1 Unit Toko Sembako Hangus Terbakar

Sementara itu, Calon Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengungkapkan, untuk jenis HMS 700 ciptaan Prof Hariadi ini, dalam satu helainya bisa sekitar 700 butir padi. Andaikan di Ponorogo menggunakan bibit ini, dengan pola tanam yang betul, dengan ketersediaan pupuk dan air yang mencukupi, maka bisa surplus beras,” ungkapnya.

Lanjut Sugiri, dinilai sangat luar biasa, sehingga perlu dihadirkan teknologi, seperti bibit HMS 700,”dan yang tak kalah penting adalah hadirnya pemerintah untuk petani,” lanjutnya. (Amar_kanalindonesia.com)