Covid-19 Ponorogo 29 November, Positif Tambah 25, Muncul Klaster Perkantoran

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kelengahan dan ketelodoran kita dalam menjalankan protokol kesehatan membuat penularan dan jumlah kasus covid-19 semakin banyak. Hari ini Minggu (29/11/2020) di Kabupaten Ponorogo dinyatakan ada penambahan 25 kasus konfirm covid-19 baru dan 11 orang pasien di nyatakan sembuh.

“Hari ini ada 25 tambahan kasus confirm covid-19 baru,”ucap Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ponorogo Sudjarno yang disampaikan melalui rilis tertulisnya Minggu(29/11/2020) petang.

Ke 25 tambahan kasus konfirm baru tersebut adalah:

12 orang pasien dari Wililayah Kecamatan Kota (7), Kecamatan Babadan (1), Kecamatan Sambit (1), Kecamatan Sooko (1), Kecamatan Mlarak (1) dan Kecamatan Jenangan (1)

“Semuanya merupakan rekan kerja satu kantor (klaster perkantoran) hasil dari tracing kontak erat kasus Konfirm Covid-19 yang meninggal dunia beberapa hari lalu,”terang Sudjarno.

Baca:  Pilkada Ponorogo, KPUD dan Pemkab Tandatangani NPHD Pilkada 2020

Dan setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR semuanya dinyatakan konfirm Covid-19.

Selanjutnya 2 orang dari Wilayah Kecamatan Kota dan Wilayah Kecamatan Sambit.

“Merupakan keluarga dari pasien hasil tracing kontak erat klaster perkantoran yang saya sampaikan di atas. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya dinyatakan konfirm Covid-19,”tegas Sudjarno.

1 orang dari Wilayah Kecamatan Babadan. Merupakan pasien suspec dengan rapid tes reaktif dirawat di RS Darmayu Ponorogo. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya di nyatakan konfirm Covid-19.

1 orang dari Wilayah Kecayah Babadan. Merupakan bayi berusia 2 minggu yang merupakan anak dari ibu yang konfirm Covid-19. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya di nyatakan konfirm Covid-19.

1 orang pasien dari Wilayah Kecamatan Siman. Merupakan pasien dengan hasil rapid tes reaktif sebelum operasi persalinan di RSUD Ponorogo. Setelah selesai operasi persalinan dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR dan hasilnya dinyatakan konfirm Covid-19.

Baca:  Sutyas Laporkan Hasil 2 Lab Covid-19 yang Berbeda ke Polisi

1 orang dari Wilayah Kecamatan Kauman. Merupakan pasien hasil dari swab tes mandiri karena mengalami gejala Anosmia dan hasil pemeriksaan PCR dinyatakan konfirm Covid-19.

1 orang dari Wilayah Kecamatan Kota. Merupakan pasien suspec dirawat di RSUD Ponorogo yang akhirnya meninggal dunia. Sebelumnya sempat dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR dan hasilnya dinyatakan konfirm Covid-19.

2 orang dari Wilayah Kecamatan Bungkal dan Kecamatan Sawoo. Keduanya merupakan pasien suspec dirawat di RS Darmayu Ponorogo. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya dinyatakan konfirm Covid-19.

1 orang dari Wilayah Kecamatan Kota. Merupakan pasien suspec dirawat di RSUD Ponorogo. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya dinyatakan konfirm Covid-19.

Baca:  Belasan Pekerja Tertimbun Longsor di Ponorogo

1 orang dari Wilayah Kecamatan Badegan. Merupakan pasien hasil dari tracing kontak erat kasus sebelumnya. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya di nyatakan Konfirm Covid-19.

1 orang dari Wilayah Kecamatan Sampung. Merupakan pasien hasil dari rapid  tes mandiri reaktif untuk keperluan perjalanan ke Manado. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya dinyatakan konfirm Covid-19.

1 orang dari Wilayah Kecamatan Siman. Merupakan pasien suspec dengan rapid tes reaktif dirawat di RS Aisyah Ponorogo. Setelah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR hasilnya dinyatakan konfirm Covid-19.

Data hingga hari Minggu(29/11/2020) total kasus 661; sembuh 571(86,4%); meninggal 27 (4,1%); isolasi 63(9,5%).