Sugiri Sancoko-Lisdyarita Petik Padi di Sukorejo

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM : Calon Bupati Ponorogo dan Calon Wakil Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko-Lisdyarita petik padi di wilayah persawahan di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo, Senin (30/11/2020).

Ritual petik padi ini juga disuguhi dengan tarian Dewi Sri dan tarian ini sengaja digelar sebagai perwujudan rasa syukur warga desa setempat atas hasil panen yang melimpah di Desa Kedungbanteng.

Tidak hanya mengadakan pertunjukan tarian Dewi Sri, akan tetapi warga masyarakat yang mengundang Sugiri Sancoko dan Lisdyarita itu juga mengadakan selamatan untuk memanjatkan doa agar hasil panen padi yang melimpah itu mendapatkan berkah dari sang pencipta.

Selain Sugiri Sancoko dan Lisdyarita yang hadir, nampak juga Ketua DPC PDI Perjuangan Ponorogo, Bambang Juwono yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur.

Baca:  Kurang dari 24 Jam, Tim Cobra Polres Lumajang Tangkap Pelaku Pembacokan

Calon Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengatakan,” panen raya di wilayah Kedungbanteng ini dari hasil bibit padi jenis MSP-13 yang mampu menghasilkan lebih dari 400 butir gabah dalam satu tangkai tanaman padi sehingga hasil panen keseluruhan mampu meningkat hingga 30 persen,” katanya.

“Semoga petani di Ponorogo semua hasilnya bisa melimpah dan semua tidak ada yang gagal dan ke depan dari bibit-bibit ini nanti bisa kita gunakan untuk para petani di Ponorogo nantinya dan bisa untuk swasembada pangan,” ujar Sugiri.

Dalam panen raya yang dihadiri ratusan warga itu, Sugiri Sancoko-Lisdyarita dan Bambang Juwono melakukan panen padi dengan diiringi tarian Dewi Sri.

Sementara itu, Dalang Permadi yang menyajikan seni saat petik padi dan pentas di sawah,” bahwa Dewi Sri itu adalah lambang kesuburan dan pentas ini backroundnya langsung di sawah seperti ini. Apapun pagebluk yang terjadi, itu merupakan cobaan ataupun godaan. Dan kita sebagai manusia harus tetap bersyukur dan berdoa supaya selalu mendapatkan limpahannya,” terangnya.

Baca:  Longsor Banaran, Tim DVI Berhasil Mengidentifikasi Korban Keempat

Permadi juga menjelaskan,” hari ini adalah panen dan didahului petik padi sebagai ucap syukurnya kepada yang maha kuasa,” jelasnya.

Dalam acara panen raya itu juga diserahkan bantuan bibit padi jenis MSP-13 kepada para petani agar hasil yang meningkat dapat dirasakan oleh warga setempat. (Amar_kanalindonesia.com)