Pacu Kreativitas, Pemdes Bakalan Gelar Pelatihan Menjahit untuk Emak-emak

SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM : Upaya untuk menciptakan kreatifitas warganya Pemerintah Desa Bakalan Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo gelar Workshop pelatihan menjahit baju untuk kaum emak-emak. Senin (30/11).

Pelatihan yang di gelar di pendopo kantor Desa tersebut di ikuti oleh 35 peserta dari perwakilan masing-masing Dusun di desa setempat.

Workshop tersebut di fasilitasi oleh Dinas ketenagakerjaan Kabupaten Sidoarjo, mulai dari alat hingga instruktur.

Menurut kepala desa Bakalan Nanang, selain membangun kreatifitas untuk warganya, hal ini adalah langkah awal pemerintahan desa untuk bisa mewujudkan ekonomi mandiri.

Sesuai harapanya , sebelum ia duduk di kursi Kepala desa Bakalan, pihaknya punya angan-angan untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi kaum hawa, dan membangun desa partisipasif di wilayahnya.

Baca:  Kapolresta Sidoarjo Serahkan Bantuan Ranmor dan Sarana Lalu Lintas dari Korlantas Polri

Terlebih Desa Bakalan bisa menjadi desa percontohan, karena tidak mudah untuk melakukan transformasi, butuh tahapan dan proses.

Nanang menyampaikan kalau workshop pelatihan ini adalah selain untuk membangun kreativitas juga untuk pengembangan ekonomi mandiri di sektor rumah tangga.

Dari Workshop ini dapat menggali potensi SDM dan SDA Desa sehingga masyarakat dapat lebih memahami ilmu dan skill yang diperlukan. Potensi yang ada di desa mereka dan hasil inovasi yang ada bisa dipertanggungjawabkan secara administrasi.

“Mudah-mudahan dengan niat baik kita ini semua harapan bisa terkabul, berbekal dengan pelatihan yang di fasilitasi desa, masyarakat akan lebih pandai menciptakan lapangan pekerjaan sendiri ketimbang menggantungkan suami,” ujar Nanang.

Baca:  114 Posko Covid-19 di Jawa Timur Didirikan, Berikut Titik Letaknya

Saat memberikan bimbingan kepada peserta, Asisten Workshop pelatihan dari Disnaker Kabupaten Sidoarjo Siti Makrifah menyampaikan kalau kegiatan pelatihan ini adalah untuk melatih kemandirian serta menambah wawasan kepada peserta.

“Kegiatan ini untuk melatih kemandirian pada ibu-ibu untuk berwirausaha serta menambah pengetahuan dan pengalaman,”katanya.

Ia menambahkan,” dalam pelatihan menjahit ini di bagi menjadi dua yaitu kelas dasar dan kelas lanjutan, tak hanya di bekali untuk menjahit saja namun di latih untuk mendesign pakaian dengan trend sekarang,” Pungskasnya.(Irw)