Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Kapolda Jatim Minta Kapolres Jajaran Tingkatkan Disiplin Prokes

 

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Tidak ingin penyebaran Covid-19 di wilayahnya meningkat, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol. Dr. Nico Afinta mewanti-wanti kepada para Kapolres/ta jajaran Polda Jatim untuk tingkatkan disiplin protokol kesehatan. Dengan melaksanakan operasi disiplin.

Hal tersebut disampaikan Kapolda Irjen Nico saat menghadiri rapat koodinasi (Rakor) Penyerahan Dipa dan Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021 di Grand City Mall Surabaya, Senin (30/11/2020).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya ini juga membahas upaya pengendalian Covid-19 jelang Pilkada serentak pada 9 Desember 2020, serta sosialisasi vaksin Covid-19.

“Hal ini kami juga menyadari bahwa ada kolerasi antara operasi tindakan disiplin dengan tingkat kepatuhan dari masyarakat. Makin tinggi operasi disiplin, semakin tinggi pula tingkat kesadaran masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan,” terang Irjen Nico didampingi Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (30/11/2020).

Baca:  Cuaca Ektrim Membuat Jaringan Listrik Rusak

Kapolda Irjen Nico kembali menegaskan kepada seluruh Kapolres bersama TNI dan Satgas Covid-19 untuk meningkatkan operasi disiplin. Serta melakukan dua pengawasan yang ketat terhadap potensi kerawanan pelanggar terhadap protokol kesehatan.

Dua kegiatan (pengawasan) itu yakni operasi secara mobile dan stasioner. Pengawasan yang ketat bisa dilakukan oleh tim di titik-titik tempat keramaian agar diberitahukan kepada masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan.

“Semua harus sinergi antara TNI, Polri dan Pemerintah untuk bersama sama menjaga serta sosialisasi kepada masyarakat pentingnya menjaga Protokol Kesehatan. Selain itu kesadaran masyarakat juga harus tetap dijaga mentaati Prokes,” katanya.

Sementara itu terkait dengan pengamanan pilkada serentak di Jatim, mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini seluruh personil sudah siap untuk melakukan pengamanan.

Baca:  Banyak Jalan Rusak dan Berdebu, Gresik Dijuluki Kota Bertayamum

Mulai di KPU maupun di setiap setiap TPS yang ada diseluruh Jawa Timur.

Polda Jatim dan Anggota Polres jajaran siap dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim. Terlebih, seluruh personil juga harus siap melakukan diteksi dini untuk mengantisipasi terjadinya Kantibmas saat Pilkada berlangsung.

“Kami sudah menyiagakan seluruh personil dalam melakukan pengamanan Pilkada Serentak di Jatim. Baik personil yang ada di Polda Jatim, maupun personil yang ada di setiap Polres Jajaran Polda Jatim. Dan anggota harus siap melakukan diteksi dini terhadap kerawanan Kantibmas saat Pilkada berlangsung,” tambah Nico.

Jenderal polisi dua bintang ini juga meminta kepada seluruh jajaran Kepolisian, bahwa Polri wajib netral dalam Pilkada Serentak. Tetap laksanakan Sinergitas TNI/Polri dan Pemerintah, serta penyelenggara Pilkada KPU dan Bawaslu.

Baca:  Kunker ke Kabupaten Madiun, Gubernur Jatim Apresiasi Para Kades

Serta untuk beberapa hari ini sebelum 9 Desember 2020, meningkatkan Patroli Cyber jelang Pilkada. Serta lengkapi anggota Polri dengan APD saat pengamanan pilkada serentak pada 9 Desember 2020. Ady