Pilkada Ponorogo, Survey The Republic Institute Mengejutkan

Sufyanto saat menunjukan hasil survey

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Hasil penelitian dari Fatckhul Mujib, kandidat Doktor Charles University Praha Republic Ceko yang melakukan survey pada masyarakat Ponorogo terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati menjadi perhatian tersendiri.

Menurut Sufyanto, Founder The Republic Institute, Kamis (03/12/2020) survey ini menggunakan teknik pengambilan sampel multi stage random sampling dengan jumlah sample sebanyak 600 responden tersebar di 21 kecamatan yang dilakukan pada tanggal 22 hingga 30 November 2020, dengan margin error sebesar 3,8 persen.

“Jadi ini benar-benar penelitian untuk kandidat Doktor Charles University Praha Republic Ceko dari Fatchul Mujib. Hal itu disebabkan, Pilkada di Ponorogo sangat baik untuk dicermati,” ucapnya.

Disampaikan Sufyanto, elektabilitas pasangan calon Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, mengungguli Petahana dengan selisih cukup signifikan, yakni terpaut 10,2 %. Sebagaimana elektabilitas pasangan Sugiri Sancoko dan Lisdyarita mencapai 52,7% sedangkan Ipong Muchlissoni dan Bambang Tri Wahono sebesar 42,5 % dan terdapat 4,8 % suara menyatakan tidak tau.

Baca:  Jelang Musda Golkar Ponorogo, Adem Ayem

Ia menambahkan, secara mengejutkan calon petahana tertinggal hingga lebih 10 %, hal itu terdapat faktor atau variable utama yang menyebabkan incumbent tidak lagi memperoleh simpati kesukaan dan pilihan bagi masyarakat Ponorogo untuk melanjutkan kepemimpinan pada periode kedua.

“Menurut analisis kami, faktor utama yang mengalihkan pilihan masyarakat adalah kinerja bupati di berbagai sektor penting yang dinilai kurang maksimal, karena kepuasan masyarakat terhadap kinerja bupati tergolong rendah, yaitu 60,2 %,” paparnya.

Dengan selisih 10 persen, katanya yang memiliki pengalaman di bidang riset voting behavior dengan sisa waktu pencoblosan kurang 6 hari, maka akan sulit bagi lawan untuk menyusul keadaaan atau peluangnya sangat kecil.

Baca:  Fatkhur Rohman Diduga Ikut Membantu Sukadji dalam Kasus Korupsi PDAU Trenggalek

“Meskipun masih ada peluang bergeser hasilnya, baik bagi Paslon nomor urut 1 maupun Paslon nomor urut 2,” tandasnya.

Sufyanto menandaskan,” dari sisi popularitas, kedua Cabup sudah sangat populer di kalangan pemilih. Cabup nomor 02 masih tertinggi sebesar 97,2%, sementara Paslon 01 sebesar 96,8%. Untuk liketabilitas, Paslon 01 93% dan Paslon 02 sebesar 85,3%,”terangnya.(Amar_kanalindonesia.com)