Meledak, Positif COVID-19 Ponorogo 4 Desember Bertambah 49 Orang

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ponorogo Sudjarno

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Kasus terkonfirmasi positif COVID- 19 Kabupaten Ponorogo mengalami lonjakan yang sangat tajam pada hari Jumat(04/12/2020) yaitu 49 tambahan kasus konfirm baru.

“Dari semua kasus tersebut sudah dilakukan pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR dan hasilnya dinyatakan konfirm covid-19,”ucap Pelaksana Tugas Bupati Ponorogo, Sudjarno.

Ke 49 tambahan baru konfirmasi covid-19 tersebut, yaitu 22 orang dengan rincian yang berasal dari wilayah Kecamatan Jenangan (10 orang), Kecamatan Kota (9 orang), Kecamatan Sooko (1 orang), Kecamatan Jambon (1 orang), Kecamatan Pulung (1 orang).

“Semuanya merupakan pasien hasil tracing kontak erat klaster perkantoran di Ponorogo dan 2 diantaranya saat ini sedang rawat inap di RS Darmayu Ponorogo,”terang Sudjarno.

Baca:  Polres Ponorogo Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri TA 2020

Selanjutnya 11 orang dengan rincian dari Wilayah Kecamatan Jetis (4 orang), Kecamatan Sampung (3 orang), Kecamatan Jenangan (1 orang), Kecamatan Pulung (1 orang), Kecamatan Sambit (1 orang), Kecamatan Balong (1 orang).

“Semuanya merupakan pasien dengan hasil rapid tes reaktif yang dilakukan untuk keperluan KPPS,”kata Plt Bupati Sudjarno.

Sementara tambahan 8 orang dengan rincian dari wilayah Kecamatan Jenangan (2 orang), Kecamatan Kota (2 orang), Kecamatan Balong (1 orang), Kecamatan Siman (1 orang), Kecamatan Babadan (1 oarang), Kecamatan Sukorejo (1 orang).

“Semuanya merupakan pasien hasil tracing kontak erat kasus sebelumnya dan 1 diantaranya saat ini sedang rawat inap di RS Aiasyah Ponorogo,”imbuhnya.

Tambahan lagi 3 orang berasal dari Kecamatan Kota, Kecamatan .Jenangan dan Kecamatan Balong. Ketiganya merupakan pasien dengan hasil rapid tes reaktif yang dilakukan untuk keperluan Panawaslu

Baca:  Pengusaha Salon Merasa Menjadi Korban Asuransi Prudential

3 orang berasal dari Kecamatan Kauman (2) dan Kecamatan Siman (1 orang). Ketiganya merupakan pasien suspec COVID-19 dan saat ini semuanya sedang rawat inap di RS Muslimat, RS Aisyah dan RSUD dr Hardjono Ponorogo.

2 orang dari Kecamatan Jetis dan Kecamatan Ponorogo Kota. Keduanya merupakan pasien dengan hasil rapid tes reaktif yang dilakukan untuk keperluan perjalanan keluar kota dan screening di kantor.

Sementara itu, rumah karantina (Shelter) yang berada di Jl. Trunojoyo saat ini sudah penuh dan kamar isolasi di beberapa RS rujukan covid di Ponorogo saat ini juga hampir penuh. Sedangkan kasus baru tiap hari terus bertambah dan jumlahnya tidak sedikit.

Baca:  Kantor Imigrasi Ponorogo Gelar Rapat TIMPORA dan Bakti Sosial

“Dibutuhkan kerjasama dan kepedulian semua pihak baik masyarakat maupun Pemerintah Kabupaten untuk bisa mengendalikan ini semua, salah satu caranya adalah dengan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan terutama 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. Mari semuanya saling mengingatkan, semoga Pandemi ini bisa di kendalikan,”pesan Sudjarno.

Data yang berhasil dihimpun total kasus per hari ini 757; sembuh 587 (77,5%); meninggal 28 (3,7%); isolasi 142(18,8%). Sedangkan hari ini ada 6 orang pasien dinyatakan sembuh, yaitu pasien no  603; 604; 605; 606; 607; 608.