Jelang UNBK, SMA dan SMK di Kabupaten Jombang 100 persen Sudah Siap Laksanakan UNBK

Caption foto : simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 3 Kabupaten Jombang

KANAL INDONESIA.COM JOMBANG : Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sejumlah 123 Sekolah Menengah Atas (SMA), sederajat di Kabupaten Jombang, sudah siap melaksanakan ujian Nasional  tersebut, pada April 2017 mendatang.

Fathurrohman selaku, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi jawa Timur wilayah Kabupaten Jombang saat ditemui kanalindonesia.com mengatakan, ” Untuk pelaksanaan UNBK memang wajib dilaksanakan bagi seluruh Sekolah Menengah Atas sederajat pada tahun ini,” ungkapnya.(16/03/2017)

Lanjut Fathurrohman, kewajiban pelaksaan ujian tersebut menurutnya dapat dilakukan dengan pelaksaan UNBK secara mandiri atau menumpang disekolah lain.

“Misalnya di SMK yang belum siap bisa menumpang di SMA yang sudah siap begitu juga sebaliknya, karena waktu pelaksanaan UNBK antara SMK dan SMA berbeda,” tegasnya.

Baca:  Polres Pamekasan Bekuk 9 TSK Pelaku Narkotika, Dua Tersangka Masih Dibawah Umur

Masih menurut penjelasan Fathurrohman, dari 123 Sekolah yang ada di Kabupaten Jombang, terdiri dari 63 Sekolah Menengah Kejuruan, 47 sekolah menengah atas dan 13 Madrasah Aliyah. Untuk SMK, 53 sekolah sebagai penyelenggara dan 10 sekolah penggabung. Serta untuk SMA 29 sekolah sebagai penyelenggara dan 18 sekolah penggabung, sedangkan untuk Madrasah Aliayah terdapat 12 Sekolah sebagai penyelenggara dan 1 sekolah penggabung.

“Sekolah sebagai pengabung adalah sekolah yang belum bisa melaksanakan UNBK secara mandiri karena keterbatasan sarana dan prasaranan,” pungkasnya.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, pelaksanaan UNBK Tingkat SMA sederajat di Kabupaten Jombang akan diikuti 16.893 siswa dengan rincian 8104 siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan 8789 siswa dari Sekolah Menengah Atas (SMA), serta Madrasah Aliayah (MA), yang tersebar di 21 kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang.(elo)

Baca:  Penghargaan Industri Hijau