Buntut Pemeriksaan 12 Jam, Habib Rizieq Shihab Ditahan

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Diperiksa selama 12 jam sebagai tersangka dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan, kini penyidik dari Polda Metro Jaya resmi lakukan penahanan terhadap Imam Besar FPI Habib M Rizieq Shihab.

Selama pemeriksaan, Rizieq Shihab dicecar sebanyak 84 pertanyaan dari penyidik terkait dengan dugaan pelanggaran protokol kesehatan beberapa waktu lalu.

“Tersangka menjalani penahanan mulai 12 sampai 31 Desember 2020. Lebih tepatnya 20 hari,” kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Minggu (13/12/2020) dini hari.

Menurut Argo, dilakukan penahanan terhadap Rizieq Shihab ini sudah melalui tahap pertimbangan objektif dan subjektif. Lalu hukuman lebih dari lima tahun, agar tidak menghilangkan barang bukti, tidak melarikan diri, serta tidak melakukan tindak pidana yang sama.

Baca:  Perpanjangan SIM Menjadi Bahan Hoax di Kalangan Media Sosial

Sebelumnya Rizieq dianggap menyerahkan diri setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus kerumunan Petamburan di tengah pandemi Covid-19 dengan jeratan Pasal 160 KUHP dan Pasal 216 KUHP.

Selain itu sebelumnya juga ada lima orang lainnya yang ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 93 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.