Bupati Jombang Pantau Pelaksanaan Pilkades Secara Online

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab memantau langsung pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang secara online di Rumah Dinas Pendopo Kabupaten, Rabu (16/12). Salah satu yang dipantau adalah penerapan protokol kesehatan (prokes) di tempat pemungutan suara (TPS).

Dalam pemantauan tersebut, Bupati Jombang mendapatkan laporan secara virtual dari beberapa panitia pelaksana Pilkades di beberapa Desa secara bergantian.

Hj Mundjidah Wahab juga mengatakan, para pemilih yang datang juga disiplin menerapkan prokes. Para pemilih tidak berbondong-bondong datang ke TPS seperti yang sebelumnya. Para pemilih sudah dijadwal dan dibagi datang ke TPS agar tidak terjadi penumpukan massa.

Baca:  Diduga Terlibat Money Politik, Dua Orang, Dua Mobil dan Sajam Diamankan

Dengan jadwal yang sudah ditentukan dan dibagi ke beberapa TPS, para pemilih juga dapat merasa tenang dalam menyalurkan hak suaranya. Artinya, masyarakat yang datang juga tak perlu lama menunggu antrean di TPS.

Berdasarkan pantauan, para pemilih yang datang dalam satu waktu ke TPS tak banyak. Hampir setiap pemilih yang datang dapat langsung melakukan pencoblosan tanpa harus menunggu lama. Rata-rata tingkat partisipasi pemilih lebih dari 85 persen dari jumlah pemilih di masing-masing Desa.

Sebelum masuk ke TPS, pemilih diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas. Selain itu, pemilih juga diwajibkan mencuci tangan terlebih dahulu. Begitu juga setelah mencoblos, pemilih juga diarahkan petugas untuk mencuci tangannya.

Baca:  Semen Indonesia Realisasikan Program Pemberdayaan Masyarakat Senilai Rp7,25 M di Kabupaten Tuban

Bupati Jombang juga mengucapkan terima kasih untuk seluruh elemen yang melaksanakan Pilkades, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.