Puluhan Ribu Personel Disiagakan Polda Jatim Pengamanan Libur Nataru di Masa Pandemi Covid-19

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Nico Afinta pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2020, sambut libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 di Lapangan Mapolda Jatim, Senin pagi (21/12/2020).

Perlu diketahui, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin Semeru 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari dan akan dimulai pada hari ini, tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021. Dengan tujuan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Dalam pelaksanaan pengamanan Nataru sendiri, Polda Jatim menerjunkan 83.917 personel dan 15.842 personel TNI, serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. Nantinya personel tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara dan pelabuhan.

Baca:  Polres Trenggalek Silaturahmi bersama Stakeholder Kecamatan Gandusari

Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta menjelaskan pada pergantian tahun di masa Pandemi diharapkan semua harus mentaati Protokol Kesehatan (Prokes). Mengingat saat libur Nataru di tahun ini pandemi Covid-19 masih belangsung. Untuk itu agar kesehatan bisa dijaga dengan baik.

“Apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2020 ini untuk pengecekan akhir pengamanan Nataru. Selain itu diharapkan semua pihak termasuk masyarakat bisa berperan aktif mematuhi Prokes, sehingga kesehatan kita semua tetap bisa dijaga dengan baik,” kata Kapolda Irjen Nico dalam sambutan dikutip Kanalindonesia.com, (21/12).

Dalam kegiatan apel gelar pasukan juga dihadiri oleh beberapa Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim, salah satunya adalah Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Baca:  Sabet Dua Gelar di Polda Jatim, Kapolres Trenggalek Bersyukur

Usai gelar pasukan, Kapolda Irjen Nico Afinta bersama Forkopimda melakukan pengecekan serta kesiapan anggota dalam pengamanan libur Nataru. Ady