Empat Pelaku Curas Rumah Warga Lumajang Ditangkap Jatanras Polda Jatim

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Pelaku kejahatan jalanan seperti pencurian dengan kekerasan berhasil diringkus Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim. Total pelaku yang diamankan polisi berjumlahkan 4 orang.

Keempat pelaku yang merupakan asal Lumajang, Jatim itu diantaranya bernama Ahmad (31), warga Kecamatan Pasirian, Abdul Kholik (31) warga Kecamatan Candipuro. Kemudian Syaiful Anam (28) dan Sukarji Hermanto (53). Keduanya warga Kecamatan Kunir.

Menurut keterangan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Truboyudo Wisnu Andiko, dalam menjalankan aksinya para pelaku masuk ke rumah korban dengan cara merusak pintu.

Setelah berhasil masuk, selanjutnya para pelaku menyandera dan mengikat penghuni rumah dengan cara diancam menggunakan senjata tajam jenis celurit.

Baca:  Duh...Seorang Istri di Pelalawan Pergoki Suami Cabuli Anak Kandungnya

Melihat korbannya tak berdaya dengan ancamannya, lalu para tersangka mengambil perhiasan, uang dan motor milik korban. Pada saat melakukan aksinya, tersangka beraksi dari jam 9 malam hingga pagi hari.

“Pelaku masuk rumah dengan mengancam korban, kemudian mengambil barang berharga. Untuk sasaran para tersangka ini adalah rumah yang penghuninya kurang berdaya atau sedikit penghuninya. Mereka tidak melukai korban, hanya menyandera dan mengikat korban saja,” terang Kabid Kombes Pol Trunoyudo di Gedung Ditreskrimum Polda Jatim, Senin (21/12/2020).

Kata Trunoyudo, para pelaku sudah beraksi sejak bulan November hingga Desember 2020 di 4 TKP, yakni di wilayah Polsek Tekung, Polsek Sukodono, Polsek Radjasa dan Polres Lumajang sendiri.

Baca:  Bupati Lamongan, Fadeli Apresiasi Prestasi Atlit Lamongan dalam Porprov Jatim 2019

“Mereka melakukan pencurian dengan kekerasan selama ini di Kecamatan Klakah, Kecamatan Randuagung, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang,” tandasnya.

Dari penangkapan terhadap para tersangka, berhasil mengamankan barang bukti berupa, 1 ( satu) buah dos handphone, 1 (satu) buah kaos dan kain korden milik korban, 4 ( empat) celurit, 4 ( empat) buah handphone, 2(dua) buah sapu tangan sebagai penutup wajah, 1 (satu) buah kaos yang digunakan untuk melakukan kejahatan dan 1 ( satu) buah sarung.

“Terhadap para tersangka kami jerat dengan Pasal 365 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” pungkasnya. Ady