Longsor Banaran Ponorogo Timpa Satu Rumah dan Bengkel

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM:  Hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama yang mengguyur wilayah Kecamatan Pulung mengakibatkan bencana tanah longsor menimpa rumah tinggal Sanimu dan bengkel milik Agus keduanya warga Dukuh Krajan, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Ponorogo, Jatim, Rabu(06/01/ 2021) sekira pukul 20.00 WIB.

Dalam kejadian tersebut, rumah tinggal Sanimu yang berada di RT 3, RW 2, Dukuh Krajan, Desa Banaran tertimpa material longsoran tanah tebing belakang rumah panjang 15 meter tinggi 3 meter mengakibatkan dinding rumah belakang yang terbuat dari anyaman bambu jebol sehingga air masuk kedalam rumah.

Selain itu material longsoran juga menimpa bengkel milik Agus warga RT 02/ RW 01, Dukuh Krajan, Desa Banaran sepanjang 10 meter dengan tinggi 15 meter mengakibatkan tembok belakang bengkel jebol panjang sepanjang 4 meter dan tinggi 3 meter. Tak hanya itu material longsor juga merusak estalase yang terbuat kaca hingga pecah karena tertimpa runtuhan tanah dan tembok serta satu unit sepeda montor Supra X yang akan diservis. Atas kejadin tersebut Agus mengalami kerugian material kurang lebih Rp 15.000.000,-

Baca:  Lamongan Kekurangan Tenaga Penyuluh KB

Kejadian bermula saat sekitar pukul 15.00 WIB wilayah Desa Banaran, Kecamatan Pulung diguyur hujan yang sangat lebat.

Dikarenekan tekstur tanah Desa Banaran yang labil serta di lokasi tanah longsoran tidak ada pohon yang menahan tanah sehingga apabila curah hujan tinggi tanah akan longsor terbawa air.  Sekitar Pukul 17.30 WIB terjadi tanah longsor yang minimpa bengkel dan menimpa rumah warga,”ucap Kapolsek Pulung Iptu Hariyadi.

Kejadian tanah longsor yang minimpa bengkel milik Agus tersebut baru pertama kali terjadi, tetapi retakan tanah tebing yang berada diatas bengkel miliknya sudah terjadi sejak Bulan November 2020 lalu.

Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimnulkan korban jiwa, untuk itu Kapolsek Iptu Hariyadi berpesan kepada warga agar berhati-hati dan selalu waspada jika turun hujan lebat dalam waktu yang cukup lama.(Amar_kanalindonesia.com)

Baca:  Pengemudi Mengantuk, Avanza di Ponorogo ini Hantam Pohon Mahoni