Bupati Jombang Salurkan Bantuan bagi Korban Banjir di Desa Jombok

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM:  Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengunjungi lokasi banjir di Dusun Beluk, Desa Jombok, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Rabu (13/01/2021).

Banjir di lokasi tersebut tak kunjung surut setelah 13 hari terendam. Penyebabnya tak lain karena intensitas curah hujan cukup tinggi selama beberapa pekan dan tumpukan sampah yang menghambat aliran air di sungai Avur Watudakon ke Dam Sipon.

Selain meninjau lokasi yang terdampak banjir, Bupati juga memastikan kebutuhan logistik para warga terdampak terpenuhi dengan baik.

Hj Mundjidah Wahab juga memastikan bahwa Pemkab Jombang bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta TNI/Polri dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) akan selalu siaga membantu warga.

Baca:  Proyek RSUD Ploso Terus Jalan, Meski Dokumen Perubahan Belum Selesai

Dalam kunjungan ini Bupati Jombang didampingi Kapolres, BPBD, dan OPD terkait menyalurkan bantuan logistik kepada para korban yang terdampak banjir.

Kepada warga yang terdampak, Bupati berharap untuk bersabar menghadapi musibah dan yang jelas pemerintah akan selalu siaga membantu masyarakat.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran Dinas PUPR yang bersinergi dengan BBWS, Perum Jasa Tirta dan Pemerintah Kecamatan dan Desa, guna melaksanakan pengangkatan sampah yang masih berada dibawah screen siphon watudakon supaya arus air lebih lancar, sehingga akan mengurangi genangan yang ada di kawasan permukiman.

Berikut hasil peninjauan dan koordinasi di lapangan :

1. opsi pertama pengangkatan sampah menggunakan amphibius meski alat sdh siap bergeser ke Watudakon dri Japanan scara teknis dibatalkan krn dri hasil survey BBWS ternyata alat tidak bisa masuk ke lokasi ( lebar alat 4.8m, jalan tepi sungai yg akan dilewati hanya 3.7m ).

Baca:  Tengok Orang Sakit,  Keluarga di Madiun Terkonfirmasi COVID-19

2. opsi kedua pengangkatan sampah didalam screen menggunakan excafator long arm yg didahului memasang kisdam didepan/dihulu screen.

3. malam ini alat geobag untk pemasangan kisdam lgs/sdh berangkat dari Japanan mnju Watudakon.

4. besok pagi exca long arm melaksanakan pemasangan kisdam, bgitu kisdam sdh terpasang exca lgsg menaikan sampah di bawah screen.

5. opsi ini diperkirakan sekitar 3 hari sudah bisa membersihkan sebagian besar sampah dibawah screen dan memperlancar arus air disekitar screen.

5. PUPR Jombang besuk pagi siap kirim damtruck beserta tenaga yg cukup untk mmbantu mmpercepat pemasangan kisdam.

6. apabila nntinya stlh arus di screen sdh lancar tetapi daya tampung siphon masih tdk mencukupi akan dilaksanakan pompanisasi dari siphon dialirkan ke sungai Brantas.

Baca:  Pilgub Jatim, Cawagub Puti Guntur Soekarno Adakan Pertemuan Tertutup dengan Gus Solah

7. pihak Kecamatan dan Forkompimcam srta pemerintah desa setempat siap mengamankan jalannya pelaksanaan opsi ini.

Mudah mudahan Allah SWT mengabulkan doa kita semua, serta selalu melindungi teman teman yang bertugas, relawan, serta masyarakat yang ada di lapangan,” pungkasnya.