Jelang UKW di Solopos, Lembaga Penguji Gelar Pra Uji Kompetisi Wartawan Secara Daring

SOLO, KANALINDONESIA.COM: , Kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) akan digelar di Solopos pada 30-31 Januari 2021. Sebelum melaksanakan ujian, lembaga penguji menggelar Kegiatan Pra UKW secara daring pada Kamis, (14/01/2021) yang diikuti 36 jurnalis dengan menampilkan narasumber Suwarmin dari Solopos .

Kegiatan menggunakan aplikasi zoom berlangsung 07.45 – 12.00 WIB. Saat momen di helat, Suwarmin menyampaikan, seorang jurnalis harus independen dan berpedoman pada etika jurnalistik.

Dalam menyajikan sebuah berita khususnya straight news, pertama yang harus di perhatikan adalah aktual, dan harus berpedoman (W5+H1).

“Di dalam menyajikan sebuah berita, seorang jurnalis harus mengedepankan independen, profesional, dan berpedoman nilai-nilai jurnalistik (W5+H1),”tuturnya.

Usai memberikan materi, di penghujung acara Suwarmin membuka sesi tanya jawab terhadap peserta Pra UKW.

Baca:  KPK Segera Gelar Perkara Dugaan Mark Up Sofyan Basir

Bukan Suwarmin saja yang menjadi penguji dalam pelaksanaan momen tersebut, namun, ada juga Rini pemilik media Solopos sebagai pemateri, dengan materi mengupas Nilai Berita / Kelayakan.

Di saat menyapa peserta UKW, Rini langsung menyuruh peserta mengupas W5+H1 apa yang telah di sampaikan oleh penguji pertama.

Teknisnya, peserta di suruh menulis melalui kolom komentar Zoom. Dengan di beri waktu 5 menit.(Irwan_kanalindonesia.com)