Optimis Masyarakat Jatim Ikut Vaksinasi, Wagub Emil : Witing Tresno Jalaran Soko Kulino

SURABAYA KANALINDONESIA.COM : Wakil Gubernur Jatim meyakini bahwa perlahan tapi pasti, masyarakat akan paham dan mengikuti dengan semangat vaksinasi. Secara berseloroh Emil mengibaratkan masyarakat dan vaksin ini seperti orang yang kasmaran.

“Witing tresno jalaran soko kulino (rasa cinta/ingin datang dari kebiasaan) lama lama jadi sayang juga dengan vaksin ini, kalau sudah kenal, melihat dan mengerti. Ini pertama kan nakes dulu nih. Insyaaallah dengan ridho Allah, insyaallah nanti masyarakat juga akan semakin marem semakin percaya” kata Wagub Emil disela sela acara pencanangan vaksinasi Covid-19 di RS Ibnu Sina Kabupaten Gresik pada Jumat (15/01/2021).

Gresik kata Emil menjadi salah satu dari tiga kabupaten/kota di Jawa Timur yang pertama kali menjalankan vaksinasi sesuai urutan yang dikeluarkan Kemenkes RI.

Baca:  Bupati Emil Dardak Kunjungi Kantor PWI Trenggalek

Pria yang juga Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini menjelaskan untuk Kabupaten Gresik sebanyak 7800 tenaga kesehatan yang akan diberi vaksin. “Sesuai data yang ada skitar 7800 nakes di Gresik aakn menjadi penerima vaksin. Dari alokasi vaksin saat ini 5920, sudah dikirim 3000 vaksin dan jika mendekati 3000 vaksin maka akan segera dikirim lagi” kata Suami Arumi Bachsin ini.

Emil menjelaskan saat ini Jawa Timur sedang menunggu pengiriman kedua sebanyak 120.000 vaksin dari Kemenkes RI.

Didampingi Wakil Bupati Gresik M. Qosim, Emil optimis vaksinasi yang diprioritaskan bagi tenaga kesehatan nantinya dapat menjadikan masyarakat lebih percaya terhadap vaksin. “Setelah Nakes, saya yakin masyarakat pasti akan dengan kesadarannya sendiri akan juga ikut dalam program ini. Mudah mudahan berjalan lancar, tadi kami melihat screening dilakukan secara seksama dan cermat. Ini bisa menjadi awal yang bagi Gresik untuk sukses melaksnakan vaksinasi” tandasnya penuh semangat.

Baca:  Bupati Majene Terima Bantuan Dari Polda Jatim dan Bhayangkari Untuk Korban Gempa Bumi di Sulbar

Sementara itu, Wakil Bupati Gresik M. Kosim menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan proses pencanangan vaksinasi covid-19 dan selanjutnya akan dilaksanakan mulai hari senin (18/01/2021). “Selanjutnya nanti akan di laksanakan pada mulai hari senin, jadi hari ini pencanangan oleh pak Wakil Gubernur itu 10 orang, kemudian nanti pelaksanaan berikutnya pada hari senin yang diprioritaskan kepada tenaga kesehatan dan isyaallah TNI dan Polri” pungkas Qosim. nang