KRI Dewaruci Jadi Sentral Empati Di Hari Dharma Samudera

Kasal laksanakan pelarungan dan tabur bunga dari geladak KRI Dewaruci
Kasal laksanakan pelarungan dan tabur bunga dari geladak KRI Dewaruci

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM : Peringatan Hari Samudera yang sedianya dilaksanakan terpusat di Natuna, karena adanya musibah Sriwijaya Air SJ-182 dibatalkan namun demikian untuk mengenang para pahlawan laut dilaksanakan upacara secara sederhana di KRI Dewaruci sebagai wujud empati kapal tidak berlayar hanya sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin.

Upacara tabur bunga Hari Dharma Samudera tahun 2021 dipimpin langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono dengan melaksanakan pelarungan dan tabur bunga dari geladak KRI Dewaruci.

Peringatan peristiwa 15 Januari 1962 pada hakekatnya merupakan refleksi penghargaan yang tinggi kepada seluruh Pahlawan Samudera Nusantara yang telah mengorbankan jiwa dan raga guna merebut dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca:  Dengan Hasil Memuaskan Bupati Gresik Menutup TMMD ke-107

Menurut Kasal, perubahan kegiatan di Natuna tersebut merupakan wujud empati kita bersama dalam rangka memfokuskan kekuatan Alutsista dan personel TNI Angkatan Laut untuk mendukung operasi pencarian dan pengangkatan pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Lebih lanjut, Kasal menjelaskan, bahwa TNI Angkatan Laut bersama-sama dengan instansi pemerintah lainnya secara cepat telah mengerahkan segala daya dan upaya berupa Alutsista dan personel dalam pencarian korban, badan pesawat dan black box Sriwijaya Air. Respon cepat satuan TNI Angkatan Laut yang tergelar di lapangan ini, merupakan wujud nyata kehadiran (sea presence) TNI Angkatan Laut yang selalu siap siaga dalam memenuhi panggilan tugas.

“Kamampuan TNI AL dalam membantu SAR membuktikan efektifitas sebuah kekuatan yang siap dioperasionalkan (operational ready force) yang bertumpu pada Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari kapal perang, pesawat udara, Korps Marinir serta pangkalan telah terbukti, baik pada Operasi Militer Untuk Perang (OMP) maupun pada situasi penanganan pandemi Covid-19 dan SAR seperti saat ini, yang termasuk dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP),”kata Kasal.

Baca:  Danrem 052/Wkr Hadiri Pembekalan Pasukan Pengamanan Pemilukada DKI Oleh Panglima TNI

Kasal mengharapkan peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini juga dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk membangun dan membangkitkan kembali Kejayaan Nusantara, dengan menyadari bahwa laut adalah faktor kunci tercapainya kejayaan bangsa menuju Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Usai dilaksanakan upacara, dalam rangkaian Hari Dharma Samudera, Kasal memberikan hadiah kepada juara lomba video sejarah Satuan TNI AL yakni Juara I diraih oleh Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) dengan judul Sejarah Penerbangan Angkatan Laut, Juara II diraih oleh Pangkalan TNI AL (Lanal) Cilacap dengan judul Sejarah Pangkalan Angkatan Laut Cilacap dan Juara III diraih Satuan Selam Komando Armada (Satsel Koarmada) II. Selain itu juga ada pemberian hadiah kepada Satuan Kerja (Satker) TNI AL terpilih sebagai Satker WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

Baca:  Tak Kenal Lelah, Babinsa Koramil 08/ Johar Baru Kawal Pendistribusian Bantuan Presiden Hingga Tengah Malam

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Wiek Ahmadi Heri Purwono, para pejabat utama Mabesal, para pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas jajaran Mabesal, para Pengurus Pusat Jalasenastri dan para pejabat terkait lainnya.@Wn