Nekat 4 Warga Timor Leste Buka Lahan Pertanian Diatas Tanah Sengketa

KANALINDONESIA.COM – Empat warga Timor Leste diamankan aparat TNI yang masing masing berinisial N (44), R (34), V (15) dan M (5). Mereka diamankan aparat TNI, lantaran nekat membuka lahan pertanian diatas tanah yang masih berstatus sengketa antara pemerintah Indonesia dan Timor Leste. Selasa (20/1).

Komandan Satgas Unarmed 3105 Tarik Letkol ARM Laody Irwan Halim Mengatakan, pengangkapan tersebut dilakukan setelah adanya laporan warga. Terkait isi dari laporan tersebut adanya pembukaan lahan pertanian yang dialkukan oleh warga Timor Leste dikawasan tersebut.

Dengan adanya laporan warga, TNI pun segera menerjunkan sejumlah aparat untuk memastian laporan tersebut dengan mengecek TKP (tempat kejadian perkara).

Setelah sampai dilokasi, ternayata informasi yang disampaika oleh warga itu ternyata benar adanya. aparat medapati empat orang sedang melakukan aktifitas sedang berusaha membuka lahan untuk bercocok tanam.

Baca:  Anton Sihombing : Pemerintah Harus Tetapkan Organisasi Tinju Profesional Wajib Punya Bank Garansi

Dengan adanya hal tersebut aparat pun melaporkannya ke pimpinan, dank keempat warga timor leste pun akhirnya diamankan untuk proses lebih lanjut.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata mereka mengakui bahwa dirinya sedang membuka lahan untuk persiapan bercocok tanam padi. Usai melakukan pengakapan TNI berkordinasi dengan IPF Timor Leste, Imigrasi dan pihak Kepolisian untuk menyerahkan keempat warganya untuk ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang.duapol-bam