Ponorogo Berlakukan PPKM Mulai Sabtu Besuk

Sekdakab Ponorogo Agus Pramono

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Satuan Tugas (Satgas) pencegahan dan percepatan penanggulangan COVID-19 Kabupaten Ponorogo telah memutuskan untuk memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat mulai hari Sabtu (23/01/2021) lusa.

Keputusan tersebut diambil dalam rapat Satgas COVID-19 Kabupaten Ponorogo yang digelar Kamis (21/01/2021) pagi.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Ponorogo Agus Pramono mengatakan, keputusan itu diambil setelah pihaknya berkoordinasi dengan Pemprof Jatim.

“Pemerintah daerah diperbolehkan mengambil kebijakan sendiri sebelum ada keputusan tertulis PPKM dari Gubernur,” terangnya.

Sekda Agus Pramono menambahkan salah satu alasan dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat adalah karena tingginya penularan COVID-19 di Kabupaten Ponorogo.

Data terakhir ada 320 warga yang harus menjalani isolasi karena terpapar COVID-19.

“Karena itu rantai penyebaran COVID-19 harus diputus, salah satunya dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang akan diberlakukan mulai Sabtu besok lusa antara lain bahwa Pk5, pertokoan, tempat karaoke, tempat hiburan malam, harus berakhir pada jam delapan malam.

Pada PPKM nantinya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) juga akan dimatikan mulai jam delapan malam.

Sebelum diberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat, Satgas akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa melaksanakannya dengan baik. Selain itu, Satgas juga akan membuat Surat Edaran(SE) untuk ditujukan kepada OPD, camat, lurah/kepala desa dan terkait lainnya.

Untuk mengawal PPKM dinas terkait seperti Satpol PP, Dinas Perdagkum, Dinas Pariwisata akan aktif terjun ke lapangan. Petugas akan mengingatkan dan memberikan sanksi bagi pelanggar keputusan PPKM.

Sementara itu, terkait dengan rapid antigen untuk para pendatang kemungkinan hanya bisa dilakukan secara insidental, karena keterbatasan petugas. Sedangkan penyekatan di pintu masuk Kabupaten Ponorogo menunggu keputusan lebih lanjut.

“Satgas covid 19 Ponorogo nantinya akan melakukan evaluasi dengan PPKM ini, termasuk sampai kapan akan diberlakukan,”pungkasnya. (Amar_kanalindonesia.com)

Baca:  Bunga Bangkai Hebohkan Warga Bangkalan