Bikin Kampung Tangguh, KITA Bantu Petani Tingkatkan Produktivitas

RIAU, KANALINDONESIA.COM: Sekretaris Jenderal Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA), Ayep Zaki berkunjung ke Desa Airmolek, Indragiri Hulu, Riau. Kunjungan itu dilakukan untuk monitoring program Kampung Tangguh yang saat ini tengah digalakkan oleh KITA guna mendukung misi ketahanan pangan nasional.

Di Airmolek, setidaknya terdapat area 22 hektar tanah yang dijadikan lahan perkebunan seperti jagung, pepaya, terong sayur-sayuran, serta terdapat peternakan sapi lokal.

Zaki mengatakan, program Kampung Tangguh KITA ini berjalan di sejumlah titik di wilayah Indonesia. Tujuannya yakni untuk mendukung program kedaulatan pangan nasional, sekaligus bentuk nyata dari KITA untuk meningkatkan produktivitas para petani di Indonesia.

“Ini akan dikembangkan oleh KITA di seluruh Indonesia dengan membangun Kampung Tangguh di berbagai wilayah Indonesia. Mudah-mudahan program ini direspon positif,” ujar Zaki usai meninjau perkebunan di Airmolek, Indragiri Hulu, Jumat (22/1).

Baca:  TNI Tindak Tegas Pembakar Hutan dan Lahan di Riau

KITA akan terus berkeliling Indonesia baik di Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan lainnya untuk membantu petani meningkatkat produktivitasnya dan meningkatkan derajat hidup para petani Indonesia.

Sebelum ke Riau, beberapa waktu lalu, KITA juga melakukan kegiatan monitoring tim ketahanan pangan yang digagas KITA dan Forum Kerukunan Doa Bangsa (FKDB) bersama dengan Baharkam Polri di Terbanggi Besar, Lampung Tengah.

Monitoring itu dilakukan untuk membantu petani meningkatkan produktivitas pertaniannya. Program monitoring ini mulai membuahkan hasil, pada saat panen kemarin, produksi singkong meningkat dari rataan 2,5 Kg pada panen perdana, menjadi rataan 3 Kg.