Rapat Pleno Terbuka, KPU Ponorogo Tetapkan Sugiri-Lisdyarita sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Ponorogo menggelar rapat pleno terbuka penetapan Calon Bupatui dan Wakil Bupati Terpilih di Maesa Hotel, Jumat (22/1/2021).

Dalam rapat tersebut, Sugiri Sancoko-Lisdyarita akhirnya ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Ponorogo dalam pemilihan serentak lanjutan tahun 2020.

Rapat Pleno terbuka dilakukan secara terbatas berdasar protokol COVID-19 yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Ponorogo Munajat.

“Memutuskan dan menetapkan pasangan calon nomor urut 1 atas nama H. Sugiri Sancoko, S.E., M.M. dan Hj. Lisdyarita, S.H., sebagai paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 dengan 352.047 suara atau 61,7 persen perolehan suara,” kata Munajat membacakan berita acara penetapan.

Baca:  Oknum Pengacara BS Asal Semarang Dipanggil Polisi, Diduga Pemalsuan Surat

Penetapan bupati dan wakil bupati terpilih dihadiri langsung oleh pasangan calon nomor urut 1 Sugiri Sancoko-Lisdyarita.

Acara juga dihadiri Bawaslu, ketua DPRD Ponorogo Sunarto, Perwakilan Kapolres dan Kodim 0802 Ponorogo, serta Partai Politik dan Gabungan Partai Politik.

Munajat Ketua KPU Kabupaten Ponorogo mengatakan penetapan paslon terpilih ini dilakukan berdasarkan Surat Dinas Nomor 60 Tahun 2021, pada tanggal 20 Januari 2021.

Surat dinas tersebut menerangkan Surat Panitera Mahkamah Konstitusi Nomor 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Keterangan Perkara PHP-Gub/Kab/Kota tahun 2021 yang diregistrasi oleh Mahkamah Konstistusi.

“Tidak ada gugatan untuk hasil rekapitulasi Pilkada Ponorogo 2020 dan semua pihak telah menerima hasilnya,” terang Munajat.

Baca:  1000 Jamaah Hadiri Peringatan Haul Ke-10 Tahun Meninggalnya Soeharto

Setelah penetapan tersebut, tahapan Pilkada Ponorogo telah berakhir. Selanjutnya KPU Ponorogo mempunyai waktu sehari untuk mengajukan usulan pelantikan ke Pimpinan DPRD Ponorogo.

Setelah itu DPRD Ponorogo akan mengajukan pelantikan pasangan terpilih ke Gubernur Jawa Timur.

“Nanti Gubernur akan mengusulkan ke Kemendagri untuk dilakukan pelantikan,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati terpilih Sugiri Sancoko saat ditemui kanalindonesia.com usai rapat pleno penetapan mengatakan,”kami ucapkan terima kasih kepada semua pihakyang telah berjuang keras untuk melaksanakan Pilkada yang indah ini, kepada KPU, Bawaslu, partai pengusung, serta partai dan para relawan serta mayarakat Ponorogo secara keseluruhan,”ucapnya.

Ditambahkanya,” Pemilu sudah usai, hari ini ada penetapan dan Alhamdulillah kita menang, tapi yang menang adalah rakyat Ponorogo, bukan saya bukan Bunda Lisdyarita,”tegasnya.

Baca:  Simpan Sabu, Warga Ponorogo Dicokok Polisi

Ditanya terkait dengan program seratus hari Sugiri menyatakan,”seratus hari, duaratus hari, ataupun tigaratus hari sama saja, yang penting speed tinggi selama gotong royong berjalan ada speed tinggi,”pungkasnya