Tim Resmob Polres Ponorogo Bekuk 4 Komplotan Pembobol ATM Lintas Provinsi

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Tim Resmob Satreskrim Polres Ponorogo berhasil meringkus 4 dari 5 anggota komplotan pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri(ATM) lintas provinsi, di wilayah Kabupaten Jombang, Minggu(24/01/2021).

Keempat pelaku yaitu NAS, SUK, AG dan TA yang semuanya merupakan warga Brebes, Jawa Tengah.

Dalam melancarkan aksinya, mereka dengan modus mengganjal sekaligus memasang stiker call centre palsu di ATM.

Pelaku berusaha meyakinkan calon korban, salah satu pelaku berpura-pura menjadi petugas bank.

Mereka memiliki peran yang berbeda-beda, diantaranya NAS sebagai pengganjal mesin ATM, tiga pelaku lainya bertugas memasang stiker berisikan nomer HP Customer Servis fiktif. Selanjutnya ada yang berperan dengan berpura-pura menolong dan mengarahkan untuk menelephon customer servis fiktif yang tertera di stiker.

Baca:  Edarkan Pil Koplo, Pelajar SMP Terjaring Operasi Tumpas Semeru Polres Jombang

Dalam sekali beraksi mereka bisa menguras uang korban di ATM hingga puluhan juta rupiah.

“Caranya diganjal, udah itu nyangkut kartunya dan ditanya pinnya. Selain di Ponorogo juga di Tegal, Brebes sama Solo,”ucap NAS, salah satu pelaku.

Mereka mengaku mendapat ilmu tersebut setelah melihat di youtube.

Saat ini polisi masih melakukan penyidikan dan memintai keterangan dari para pelaku dan mengamankan sejumlah barang bukti.

Sementara itu, IPDA Guling Sunaka, Kanit Pidum Satreskrim Polres Ponorogo kepada sejumlah awak media mengatakan,” modus operandinya yaitu mereka melakukan pengganjalan di mesin ATM, kemudian menempelkan nomer call center, selanjutnya dia mengelabuhi korban dengan cara memasukan ATM korban, sehingga kartu ATM tersebut terganjal di mesin ATM. Kemudian dari salah satu pelaku ini mengarahkan untuk menelphone nomer yang sudah ditempel tersebut dimana nomer itu dari sindikat para pelaku,”jelasnya.

Baca:  Tak Ada Rambu-rambu Perbaikan Jalan, Truk Semen Gresik Terguling

Polisi saat ini masih memburu satu pelaku yang menjadi otak aksi ganjal mesin ATM yang belum tertangkap.(Amar_kanalindonesia.com)