BPBD Lamongan Bersama PC PMII Lamongan Serahkan Sembako Pada Korban Banjir Sungai Bengawan Jero  

Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan dan Pengurus Cabang PMII saat berada disalah satu rumah warga Desa Bojoasri, Kecamatan Kalitengah yang sebelumnya terdampak banjir. foto: istimewa

LAMONGAN, KANALINDONESIA.COM; Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamongan, Jawa Timur, mendistribusikan 100 paket sembako bagi warga korban banjir di wilayah Bengawan Jero. Ratusan paket sembako tersebut diangkut menggunakan dua kendaraan BPBD untuk disalurkan kepada korban banjir yakni di Desa Bojoasri, Kecamatan Kalitengah, Minggu (24/1/2021).

BPBD Lamongan bersama Pengurus Cabang PMII Lamongan turun langsung ke wilayah yang masih terendam banjir, Hal ini dilakukan dalam upaya meringankan beban masyarakat yang menjadi korban banjir yang sering menimpah masyarakat di kawasan Bengawan Jero setiap tahun.

Salah satu Pengurus Cabang PMII Lamongan, Lutfi Syaifullah mengatakan kegiatan bersama BPBD Lamongan kali ini merupakan satu perwujudan kepedulian anggota PMII terhadap kondisi masyarakat yang saat ini mendapatkan musibah, yakni banjir akibat dari luapan Bengawan Jero yang merupakan anak sungai Bengawan Solo.

Baca:  Perangi Narkoba, Prajurit Dan PNS Kostrad  Lakukan Tes Urine Prajurit Secara Dadakan

“Kami sudah mendatangi Pemerintah Kabupaten Lamongan dan DPRD Lamongan agar mereka memperhatikan secara serius keadaan wilayah Bengawan Jero yang setiap tahun kebanjiran dengan membuat peraturan atau regulasi tentang penataan wilayah Bengawan Jero,” terang Lutfi Syaifullah, kepada Kanalindonesia.com

Di samping itu, tambah aktivis berbadan tambun itu, untuk mengetahui segala apa yang selama ini dirasakan oleh masyarakat yang ada di wilayah Bengawan Jero, anggota PMII harus turun langsung ke masyarakat yang tempat tinggalnya terendam air. “Beberapa waktu yang lalu, kami sudah datang memberikan sedikit bantuan sebagai rasa keprihatinan kami, sekarang kami bersama BPBD Lamongan” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, Muslimin menambahkan bahwa luapan sungai Bengawan Jero dua bulan terakhir ini di lima kecamatan sudah meningkatkan angka kerugian pada masyarakat. Pergerakan ekonomi terhambat karena jalur-jalur transportasi dan tempat-tempat di mana masyarakat biasanya mencari nafkah banyak yang terendam air. Selain itu, ratusan hektar tambak ikan yang sebelumnya menjadi pusat pendapatan masyarakat di wilayah aliran Bengawan Jero banyak yang juga rusak karena terendam.

Baca:  BREAKING NEWS : Polri Tetapkan Ahok Jadi Tersangka

“Kami berharap bantuan logistik berupa paket sembako ini bisa membantu memenuhi kebutuhan warga yang terdampak banjir. Kami mengutamakan bantuan logistik agar mereka terpenuhi kebutuhan makan sehari-hari untuk mengurangi resiko kebencanaan,” terang Muslimin.

Muslimin merasa sangat bergembira karena peran serta Pengurus Cabang (PC) PMII Lamongan dalam rangka bakti sosial untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang saat ini terkena musibah banjir tahun ini. Seperti yang sudah pernah disampaikan sebelumnya bahwasanya di wilayah Kecamatan Kalitengah ada 356 rumah dan 7 Km jalan lebih di delapan desa yang tergenang air. Banyak organisasi politik dan kemasyarakatan yang turun langsung memberikan bantuannya.

“Kami merasa terbantukan dengan keikutsertaan adik-adik PC PMII Lamongan dalam mendistribusikan bantuan paket sembako kepada warga Desa Bojoasri, Kecamatan Kalitengah ini,” pungkas Muslimin. (omdik)

Baca:  Upacara Sembahyang Bersama Jaiko