4000 Vaksin Sinovac Tiba di Dinkes Jombang, Nakes Jadi Prioritas Vaksinasi

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Ribuan vaksin sinovac telah tiba di Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang, Senin (25/1/2021) petang ini sekitar pukul 18.00 WIB. Tenaga Kesehatan jadi prioritas tahap vaksinasi tahap pertama.

Total ada 4.000 vaksin sinovac yang datang hari ini, dengan dikawal petugas diangkut dalan kendaraan box dalam 3 koli. Satu koli berisi 1.900 vaksin.

Nantinya, vaksin akan diberikan kepada 10 tokoh masyarakat dan juga di 11 rumah sakit di Jombang. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Jombang, Gatut Wijaya. Vaksinasi rencananya akan dilakukan pada Rabu (27/1) medatang.

“Vaksinasi akan dipusatkan di Puskesmas Tambakrejo, Kecamatan Jombang. Nanti ada 10 tokoh masyarakat yang mendapat jatah, juga 11 rumah sakit, Pos Kesehatan Kodim dan juga Klinik Polres. Juga serentak dilakukan di 34 puskesmas,” ucapnya.

Baca:  Dua Anggota Polres Trenggalek Terima Apresiasi Penghargaan Negara

Gatut menambahkan, vaksin sudah ditempatkan di temperatur sesuai dengan standart yaitu di suhu 3-4 derajat. Proses vaksinasi tidak dapat dilakukan sembarang orang, pihaknya juga telah menyiapkan Vaksinator khusus.

“Jadi sejak tahun lalu tepatnya bulan Desember 2020 kami sudah menyiapkan Vaksinator yang didalamnya terdiri dari dokter, bidan dan perawat,” ujarnya.

Vaksinasi tahap pertama yang direncanakan Rabu mendatang, mentarget Tenaga Kesehatan (Nakes) lebih dulu, karena nakes merupakan profesi yang paling dekat dengan pasien Covid.

“Khusus tenaga kesehatan dulu,” tukasnya. (GIT)