Bantu Korban Banjir Jember Fraksi Golkar DPRD Jatim Minta Anggotanya Siap Tanggap Bencana

SURABAYA KANALINDONESIA.COM : Bencana banjir Jember yang terjadi akibat hujan deras dan mengakibatkan ratusan warga mengungsi akibat banjir yang merendam sejumlah rumah warga di dua kecamatan di Kabupaten Jember, membuat Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim tergerak untuk meringankan beban warga terdampak.

Bersama dengan DPD Golkar Jatim, Fraksi Golkar DPRD Jatim mengumpulkan donasi untuk diserahkan kepada warga yang harus mengungsi ke tempat yang aman.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim Kodrat Sunyoto mengatakan bahwa dengan kondisi saat ini yang bisa saja terjadi bencana, fraksinya sudah menginstrusikan agar semua anggota fraksi standby di dapil masing masing untuk siap tanggap bencana.

“Agar kami sebagai wakil rakyat bisa cepat tanggap saat ada bencana. Kami minta semua anggota untuk standby di dapil masing masing. Harapannya, jika terjadi bencana maka mereka bisa sesegera mungkin sonding informasi agar bisa mendapat respon dari pihak pihak yang terkait membantu masyarakat. Kita ingin jika ada bencana dengan info dari para anggota fraksi ini masyarakat bisa cepat tertolong,” ungkap Kodrat, Selasa (26/1/2021).

Baca:  Dampak COVID 19, Volume Paket Pos di Ponorogo Melonjak

Tidak hanya instruksi info cepat untuk kejadian bencana, Anggota Komisi E DPRD Jatim ini menjelaskan Fraksi juga melakukan pengumpulan donasi untuk selanjutnya disalurkan melalui DPD Golkar Jatim dan dikelola oleh pengurus bagian tanggap bencana DPD Golkar Jatim.
“Bersama para kader Golkar se Jatim kita mengumpulkan donasi sebagai bentuk solidaritas untuk masyarakat yang terdampak bencana. Dan saat ini kita prioritaskan Jember, yang butuh bantuan dengan cepat,” kata Kodrat.

Politisi yang juga ketua MKGR Jatim ini, menjelaskan bahwa donasi ini adalah hasil sinergitas Fraksi Golkar DPRD Jatim dengan Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kota, DPR RI dapil Jatim, “Alhamdulillah sudah terkumpul donasi untuk korban bencana. Donasi ini adalah bentuk sinergitas kita dengan Fraksi Golkar Kabupaten Kota, dan DPR RI. Hasil donasi kita berupakan uang, sembako, kebutuhan sehari hari liatnya, juga kita bantu dengan baju layak pakai,” pungkasnya.

Baca:  Camat Ganding Kunjungi Wisata Tebing Grunggungan Di Rombiya Timur

Sementara itu Untuk membantu korban banjir Jember, Golkar Jatim
mengirim bantuan berupa pakaian layak pakai juga bantuan senilai Rp75 juta. Bantuan tersebut diterimakan Ketua Golkar Jember Karimullah Dahrujiadi, SP, untuk disalurkan kepada mereka yang memerlukan.

Ketua DPD Golkar Jatim Sarmuji menjelaskan, bantuan ini diharapkan akan bisa sampai kepada yang membutuhkan dengan tepat sasaran, “Saya lihat banyak tempat terjadi banjir. Tapi yang tau detilnya adalah Golkar Jember sehingga biar Pak Karimullah saja yang menyalurkan karena sudah mempetakan daerah mana saja yang memerlukan,” kata Sarmuji, di Kantor Golkar.

“Kepada kader partai Golkar di daerah, saya harapkan juga tanggap terhadap bencana dengan cepat melaporkan ke DPD Golkar Provinsi dan melakukan koordinasi dengan BPBD setempat,” ungkapnya.

Baca:  Anik Maslachah Resmi Duduki Kursi Wakil Ketua DPRD Jatim

Berdasarkan data yang dihimpun tercatat jumlah pengungsi sebanyak 408 orang dari korban terdampak bencana banjir di Kecamatan Tempurejo dan Ambulu. Banjir ini terjadi akibat
debit air Sungai Gladak Puting meningkat hingga mengakibatkan jebolnya empat tanggul di sungai tersebut dengan ketinggian 60 centimeter hingga 2 meter. Nang