Pasca Rehab, Enam Puskesmas di Jombang Diresmikan Bupati. Sebut Puskesmas Ujung Tombak Kesehatan Masyarakat.

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Tunjang pelayanan kesehatan masyarakat, operasi enam puskesmas di Jombang di resmikan Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab, pada Rabu (27/1/2021) di Puskesmas Tambakrejo, Jombang.

Peresmian enam puskesmas ini diantaranya Puskesmas Tambakrejo, Mayangan, Peterongan, Plandaan, Bareng dan Mojowarno. Beroperasinya enam Puskesmas dengan gedung barunya ini, dikatakan bupati sebagai langkah awal pembangunan kesehatan masyarakat.

“Jadi puskesmas sudah kita sediakan. Sehingga ketika ada masyarakat yang sakit tidak langsung lari ke rumah sakit tapi ke puskesmas dulu. Karena puskesmas adalah pusat pelayanan pertama bagi masyarakat yang ada di kecamatan,” ucap Hj Mundjidah Wahab, Bupati Jombang saat peresmian gedung sekakogus launching vaksinasi.

Ia melanjutkan, jika ada Lansia yang sakit, pihak puskesmas harus jemput kesana, karena merupakan bagian dari program perhatian ke masyarakat.

Baca:  Di Jombang, Banyak Tanggul Rawan Jebol

Bupati perempuan ini menyebut, jila ada masyarakat yang dalam kondisi lemah, dokter yang akan datang ke rumah. Tentunya hal ini harus bekerjasama dengan kepala desanya masing-masing. Terlebih, jangan sampai berobat tapi tidak punya uang.

“Puskesmas sebagai ujung tombak dari kesehatan masyarakat di setiap Kecamatan. Pelayanan cepat, baru datang harus disapa, tepat murah berkeadilan dan akuntabel,” jelasnya.

Kedepan, puskesmas akan jadi tempat pelayanan pertama bagi masyarakat yang sakit. Sehingga tidak langsung ke rumah sakit, karena fasilitas dan pelayanan di puskesmas sudah efektif.

“Pemkab Jombang terus berkomitmen meningkatkan kesehatan dan membangun sumber daya manusia yang baik. Berhasilnya pembangunan kesehatan berawal dari sinergi Pemerintah dengan masyarakat,” katanya.

Baca:  Simpan Pil Koplo, Dua Pemuda Gudo Diciduk Polisi

Peresmian gedung baru dan mulai beroperasinya enam puskesmas ini di tanda tangani oleh bupati dan potong pita disaksikan Forkopimda, Kapolres Jombang, Ketua DPRD, Kodim, Kejari dan seluruh audines. (GIT)