Polisi Gagalkan Penyelundupan Sabu Asal Medan ke Surabaya, 6 Orang Pengedar Dibekuk

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Satresnarkoba Polrestabes Surabaya kembali ungkap peredaran narkoba jenis sabu-sabu yang dikendalikan oleh jaringan antar Provinsi. Rencananya sabu seberat 8,5 kilogram yang dikirimkan ke Surabaya ini berasal dari Sumatera Barat.

Sedangkan tersangka yang diamankan polisi adalah JS (30) warga Sidoarjo, MZ (17) dan MR (25) keduanya warga Surabaya, HL (42), DI (31) dan MA (25) ketiganya warga Gersik. Mereka merupakan pengedar narkoba.

Kasat Resnarkoba Polrestabes Surabaya, AKBP Memo Ardian saat mendampingi Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo memimpin rilis menjelaskan sebelum diedarkan di Kota Surabaya, Jatim, barang haram tersebut dimasukkan ke dalam buah durian terlebih dulu. Seolah-olah ada pengiriman buah durian dari Medan menuju ke Jawa Timur.

“Sabu-sabu itu dikirim para tersangka dengan menggunakan jalur darat, dengan menyewa dua unit mobil jenis Suzuki Ertiga. Bertujuan untuk pengawalan serta membawa barang,” terang AKBP Memo Ardian dikutip Kanalindonesia.com di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (27/1/2021).

Dalam kasus ini, polisi berawal dari penangkapan pelaku berinisial JS di Jalan Jatisari Besar Waru, Sidoarjo di bulan November tahun lalu. Dari tangan JS, polisi menyita narkoba jenis sabu seberat 48,98 gram lebih.

“Setelah dilakukan pengembangan, tim opsnal unit I Satreskoba Polrestabes Surabaya kembali menangkap tersangka MZ di Jalan Sambisari 2C Surabaya. Disana petugas menemukan sabu seberat 54,9 gram lebih,” ungkapnya.

Masih lanjut Memo, dari hasil interogasi terhadap kedua tersangka dan mengantongi keterangannya, Tim Opsnal melanjutkan pengembangan dan penyelidikan dengan berangkat menuju Sumatera.

“Saat petugas berada di SPBU Sengeti, Jalan Lintas Sumatera, Kabupaten Muaro Jambi, Tim Opsnal melihat dua unit mobil ertiga warna abu-abu yang sedang mengisi BBM, tutur Memo,” kata Memo.

Tim Opsnal kembali melakukan penyergapan terhadap orang di dalam mobil tersebut. Saat akan ditangkap, dua pelaku berinisial HI dan DI mencoba melawan petugas.

“Akhirnya petugas melakukan tindakan tegas dan terukur dengan melumpuhkan kaki kedua tersangka. Setelah dilakukan pengeledahan ditemukan sabu seberat 8,4 Kg dalam kemasan teh guanyiwan warna hijau, disembunyikan dibawah karpet jok mobil,” sambung Memo.

Selain itu pula, Tim Opsnal juga menangkap tersangka MA dan MR yang pada saat itu berada di dalam mobil di pintu keluar SPBU. Dari keempat tersangka, dua tersangka mengaku melakukan pengiriman barang haram sudah tiga kali dari Medan menuju Jawa Timur.

“Para tersangka pengedar narkoba ini sudah diamankan, kita kenakan dengan Pasal 114 ayat (2) Jo. Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 115 ayat (2) Jo. 132 ayat (1) dan Pasal 112 ayat (2) Jo. Pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” tandasnya. Ady