Jose Mourinho (foto: RomaPers )

BOLA, KANALINDONESIA.COM: Musim pertama Jose Mourinho di AS Roma tidak terlalu mengecewakan. Klub ibu kota berada di peringkat keempat dengan lima kemenangan dan dua kekalahan.

Dengan musim yang masih panjang, Mourinho yakin bisa membawa Roma meraih prestasi yang bagus. Bahkan ia menjanjikan trofi.

Mourinho menyadari tugasnya adalah membangun dasar kesuksesan bagi Giallorossi dan akan sempurna baginya jika bisa juara dalam waktu dekat.

Sebagai pelatih dengan rekam jejak hebat, pernah memenangkan treble bersama klub serie A lainnya, Inter Milan pada musim 2009/2010, Mourinho memang didatangkan Giallorossi untuk mengangkat prestasi klub secara signifikan.

Seperti yang diketahui, AS Roma kendati menyandang status sebagai salah satu klub terbesar di Italia, cukup lama mengalami masa paceklik juara yakni selama 13 tahun. Terakhir kali pasukan yang bermarkas di Stadio Olimpico itu mengangkat trofi adalah pada musim 2007/2008 di ajang Coppa Italia.

Scudetto serie A malah lebih jauh lagi dari jangkauan mereka, yang tak pernah lagi berjaya di kancah liga domestik sejak musim 2000/2001 silam.

“Saya ingin memberikan trofi kepada Roma, karena klub hidup dengan gelar juara dan itu memicu semangat para penggemar,” kata Mourinho dalam wawancaranya dengan majalah Italia, Esquire.

Diketahui, juru taktik asal Portugal itu diikat kontrak oleh AS Roma hingga 2024 atau tiga tahun ke depan. Tentu bukan hal mudah nan instant untuk mempersembahkan trofi bagi klub. Namun, gairah Mourinho seakan kembali ketika melihat kekeluargaan dan juga rasa cinta yang ada dalam Klub Serigala ibukota. Beberapa tahun belakangan pun sebenarnya sudah banyak yang menganggap bahwa Mourinho sudah habis, dalam artian taktik The Special One tak lagi sejitu dulu. Menanggapi keraguan tersebut Jose Mourinho pun tak sependapat.

“Dalam segala hal, jika seorang pelatih tidak berkembang itu karena ia telah kehilangan semangat atau mentalitas untuk terus belajar setiap hari, usia atau kebugaran fisik tidak relevan dalam profesi ini, anda hanya bisa berkembang dengan pengalaman,”tegasnya.

Hal tersebut menandakan bahwa bersama Gialorossi semangat Jose Mourinho seakan bangkit kembali, dengan misi yang sama dengan petinggi klub yang menginginkan proyek jangka panjang, maka trofi yang ditargetkan nampaknya tak akan sulit diraih.

Musim masih panjang, pelatih asal Portugal punya modal yang cukup untuk mengakhiri paceklik trofi AS Roma. Ia dikenal sebagai pelatih yang menggaransikan juara untuk setiap klub ditangani. Pengalaman juara di klub-klub sebelumnya semakin lengkap dengan catatan menterengnya pada laga kandang. Selama berkarier di serie A ia tak terkalahkan saat berstatus sebagai tuan rumah.

Melakoni 42 pertandingan kandang bersama Inter Milan dan AS Roma di serie A ia mencatatkan 34 kemenangan dan hanya delapan kali imbang.

Selain itu, keberhasilan Mourinho menjadikan pemain yang baru didatangkan tampil apik, bisa menjadi modal tersendiri. Bagaimana tidak, kiper baru yang didatangkan Mourinho , Rui Patricio langsung menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Roma pada awal musim 2021/2022. Kiper asal Portugal itu selalu bermain penuh pada 11 laga yang sudah dimainkan Roma di semua ajang dan tampil bagus.

Patricio kebobolan delapan gol dari tujuh laga serie A, tetapi punya tiga laga nirbobol. Sementara, pada empat laga UEFA Confrence League, Patricio hanya kebobolan dua gol dan dua laga berakhir dengan catatan nirbobol.

Dari sisi penyerangan, Tammy abraham langsung terlihat kontribusinya, sudah mencetak empat gol dan tiga assist dari 10 laga di semua ajang.

Menurut mourinho, kontribusi abraham tak bisa dilihat hanya sekadar dari jumlah gol. Abraham terlibat dalam permainan dan aktif dalam setiap aksi serangan. Dia punya peran yang sangat penting bagi Roma.

Masih ada nama baru yang terlihat moncer dibawah asuhan Mourinho, seperti Eldor Shomurodov. Hal tersebut membuktikan bahwa kesuksesan yang dibangun Mourinho tak sekedar instant namun juga demi kebangkitan jangka panjang Giallorossi.

---------Ikuti Chanel youtube: KanalindonesiaTv ---------- ----------------------------------------------------------------

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here