Warga Dievakuasi Akibat Banjir Meluas. Pemkab Distribusikan Nasi Bungkus

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang melalui Dinas Sosial (Dinsos) bagikan 2.250 nasi bungkus bagi warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo.

Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Bandarkedungmulyo semakin meluas, kali ini luapan air akibat jebolnya dua tanggul, menggenangi rumah warga di Desa Gondangmanis, Bandarkedungmulyo. Ratusan warga akhirnya dievakuasi ke balai desa setempat.

Kepala Dinsos Jombang, Hari Purnomo mengatakan pemkab memberikan bantuan nasi bungkus sebanyak 2.250 kepada warga. Hal itu dilakukan berdasarkan kondisi di lapangan.

“Untuk dapur umum supportnya dari Dinsos sudah mulai tadi malam. Kita sudah mencukupi kebutuhan warga yang terdampak banjir di Bandarkedungmulyo ini,” kata Hari pada Jumat (5/2/2021).

Baca:  Mahasiswa STKIP PGRI Jombang Demo Protes kepada Pihak Kampus

Hari melanjutkan, pagi ini pihaknya mensupport warga terdampak sejumlah 2.250 bungkus, itu dilakukannya sudah sesuai dengan SOP.

“Kami memasak butuh waktu, karena banyak yang dibutuhkan sehingga kami hanya bisa sesuai dengan SOP yakni 2 kali makan sehari, pagi dan sore menjelang malam,” ucapnya.

Hari melanjutkan, pagi hari mulai masak puk 01.00 WIB, itu dilakukan karena pada pumul 08.00 WIB sudah distribusikan. Kedua, pihaknya memasak setelah dhuhur, setelah masuk pukul 17.00 WIB malam, sudah harus di distribusikan ke warga.

Pendistribusian, bekerjasama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) setempat sebagai penghubung di wilayah mana yang perlu di distribusikan. Juga bekerjasama dengan BPBD Jombang untuk diantarkan ke korban.

Baca:  Ngaji Bareng Wong Bodho yang ke - 21, di Alun - Alun Mboro

“Kemudian untuk penanganan banjir dan tanggulnya, sesuai arahan dari Wakil Bupati Jombang dan koordinasi Dinas PUPR, perkiraan 2 atau 3 hari. Kita estimasi untuk dapur umumnya 4 sampai 5 hari,” pungkasnya.(GIT)